BATULICIN – Seni tari Bahinaman hasil karya putra-putri Kabupaten Tanah Bumbu sukses meraih juara pertama dalam Festival Lomba Seni Tari Kreasi yang menjadi rangkaian acara event tahunan Apkasi International Trade and Investment Summit (AITIS) 2016 di Jakarta belum lama tadi.   

“Alhamdulillah Tanah Bumbu sukses meraih juara pertama lomba seni tari dalam festival tersebut,” kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Tanbu, H. Muhammad Thaha usai pelaksanaan event tahunan Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) tersebut. 
  Seni Tari Bahinaman, tambahnya adalah seni tari yang menggambarkan keperdulian terhadap sesama. Artinya kalau ada saudara kita yang terkena musibah kita wajib membantunya.
 “Kerena pada hakikatnya kita adalah bersaudara,” terang Thaha.
Sebelum menampilkan seni tari Bahinaman, para penari yang berasal dari Kabupaten Tanbu juga sempat menampilkan jenis tarian yang berjudul Maantang Dara. Jenis seni tarian ini, turut mewarnai kemeriahan acara pembukaan APKASI tersebut.
Muhammad Thaha berharap dengan suksesnya para penari asal Kabupaten Tanbu yang berhasil meraih juara pertama dalam pentas sini tari di Jakarta, akan menjadi sebuah motivasi yang positif sekaligus insiprasi baru bagi para pecinta seni tari yang lain. 
Setidaknya dengan seni tari diharapkan mampu memberikan gambaran tradisi yang kental terkait keragaman budaya yang ada di daerah masing-masing,” tegas Muhammad Thaha.     
Proses pementasan kesenian tari dalam ajang APKASI sendiri dianggap sebagai momentum yang tepat untuk mempromosikan seni kebudayaan daerah di ajang tingkat nasional. Dan keberhasilanya meraih juara akan menjadi salah satu pendorong bangkitnya potensi kebudayaan dan pariwisata di “Bumi Bersujud. (rehum)