TANJUNG – Ratusan masyarakat Tabalong memadati lapangan bola Desa Hayup Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong dalam rangka menghadiri pembukaan MTQ Nasional tingkat Kabupaten Tabalong ke 42 tahun 2016. Pengunjung semakin riuh ketika rombongan penari yang terdiri dari murid-murid sekolah di Kecamatan Haruai menyajikan tarian bertemakan bunga-bunga MTQ Haruai dengan sangat apik ditengah lokasi pembukaan MTQ basah diakibatkan hujan deras yang turun sore harinya.
Pembukaan MTQ Nasional tingkat Kabupaten Tabalong ke 42 tahun 2016 di Kecamatan Haruai diikuti 365 peserta yang terbagi kedalam 4 kelas perlombaan, “keseluruhan peserta MTQ berasal dari 12 Kecamatan di Kabupaten Tabalong dan ditempatkan dipemondokan yang nyaman disekitar lokasi MTQ” ucap H. Syahroni selaku Camat Haruai sekaligus Ketua Umum MTQ Nasional tingkat Kabupaten Tabalong ke 42.
Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani dalam sambutan pembukaan MTQ mengatakan bahwa penyelenggaraan MTQ di Kabupaten Tabalong setiap tahunnya terus membaik, baik dari segi penyelenggaraan maupun pengkaderan Qari/Qariah terbukti pada MTQ Nasional tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Kabupaten Balangan yang lalu, posisi Kabupaten Tabalong menempati peringkat ketiga dari 13 Kabupaten/Kota.
Bahkan untuk lebih motivasi peserta MTQ Nasional tingkat Kabupaten Tabalong tahun 2016 Bupati Tabalong menjanjikan hadiah Umrah bagi juara umum, “saya siapkan  umrah bagi juara umum, dan nanti  akan saya siapkan paket umrah beserta satu pendamping bagi kontestan yang bisa meraih juara pada MTQ tingkat Provinsi di Barabai” janji Bupati yang diikuti riuh tepuk tangan pengunjung.
Berdasarkan rencana penyelenggaraan MTQ Nasional tingkat Kabupaten Tabalong ke 42 akan diselenggarakan selama 4 hari dari tanggal 25 – 28 Mei 2016 dengan lokasi lomba di beberapa tempat di Kecamatan Haruai.