Briliant Delova Juang Putra Hananta
BATULICIN – Dua siswa asal Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu) mewakili Provinsi Kalimantan Selatan (Prov Kalsel) pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Kota Palembang Sumatera Selatan berhasil mengharumkan nama daerah.
Siswa berprestasi tersebut yaitu Briliant Delova Juang Putra Hananta dari SDN 8 Kampung Baru Kecamatan Simpang Empat meraih medali perunggu OSN Jenjang SD Bidang IPA.
Sedangkan Audinta Sakti dari SMPN 2 Simpang Empat Kecamatan Simpang Empat meraih medali perunggu OSN Jenjang SMP Bidang Matematika.  
Audinta Sakti
 OSN merupakan ajang kompetisi dalam bidang sains bagi para siswa di seluruh Indonesia. Para siswa yang di ikutkan dalam ajang kompetisi tersebut adalah siswa-siswi terbaik dari provinsinya masing-masing.
 Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Bumbu melalui Sekretarisnya, Abdul Latif di Batulicin, Senin(23/5) mengatakan OSN Tingkat Nasional tahun 2016 di selenggarakan di Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan, pada 15 – 20 Mei 2016.
“Ada dua bidang yang dilombakan yaitu IPA dan Matematika. Dan untuk Kabupaten Tanah Bumbu mengirimkan sebanyak empat pelajar untuk mengikuti ajang tahunan tersebut,” ujar Abdul Latif.
Dari  empat orang tersebut, dua diantaranya berhasil meraih medali dan mengharumkan nama Kabupaten Tanah Bumbu dan nama Provinsi Kalimantan Selatan di tingkat Nasional,” ujarnya.
Dikatakan Abdul Latif, prestasi yang diraih oleh siswa  Tanbu di Olimpiade Saint Nasional tersebut tak lepas dari bimbingan guru, motivasi siswa yang tinggi, support sekolah, dan juga dukungan dari Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu yang telah memberikan anggaran pada APBD Tahun 2015 untuk mengirim sebanyak 15 guru SD dan SMP mengikuti Diklat selama satu bulan di Tangerang.
Menurutnya, dengan keberhasilan prestasi yang telah diraih, hendaknya dapat menambah motifasi para pelajar lain untuk  lebih meningkatkan prestasi belajarnya.
“Semoga prestasi pendidikan kita juga terus meningkat di Event Nasional,” harapnya.
Prestasi yang di raih pelajar di OSN tingkat Nasional tersebut membuat bangga  Wakil Bupati Tanbu H. Sudian Noor.
“Ini membuktikan bahwa pelajar kita benar-benar memiliki kemampuan yang luar biasa” ujar Wakil Bupati Tanbu.
Selain itu, prestasi yang telah diraih dua siswa asal Tanbu tersebut membuktikan bahwa pendidikan di Tanah Bumbu terus membaik. Seiring dengan adanya Program Tri Dharma Pembangunan yaitu Pembangunan Infrastruktur, Pendidikan Gratis, serta pelayanan Kesehatan Gratis.  (metro7/relhum)