TAMIANG LAYANG – Pemerintah Kabupaten Barito Timur (Bartim) tahun ini, telah menyiapkan anggaran yang besar untuk pengadaan penerangan jalan umum (PJU), melalui Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Bartim.
Pemasangan pun direncanakan mulai pintu gerbang masuk dari Polres Bartim di KM 6 Desa Sumur Kecamatan Dusun Timur, sampai tugu masuk Bundaran Pasar Panas Kecamatan Benua Lima, selain itu juga khusus jalan protokol Kabupaten.
“Kita siapkan desain khusus karena jalannya lebar selain pada penerangan jalan, lampu pun kita siapkan untuk pertengahan pembatasan median jalan agar terlihat rapi, tertata serta lebih terang, agar pada malam hari wajah ibu kota Kabupaten Bartim lebih terlihat terang,”ungkap Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Bartim Yanto Sawal. ST. MAP.
Selain itu Kabid Energi Dinas Pertambangan dan Energi Bartim, Kurmis menambahkan, untuk penerangan jalan umum (PJU), tahun ini ada beberapa kecamatan yang akan  dipasang penerangan jalannya yaitu dari Kecamatan Pematang Karau sampai Kecamatan Benua Lima.
“Untuk wilayah Desa Dorong kecamatan Dusun Timur menuju Desa Hayapin Kecamatan Awang pun akan kita pasang penerangan jalannya, sedangkan anggarannya kurang lebih Rp. 1,7 milyar yang bersumber dari APBD Bartim. Pemasangannya nantinya bekerjasama dengan pihak PLN,”ucap Kurmis.
 Dia juga menambahkan, selain pada penerangan jalan menuju wilayah Kecamatan, pihaknya juga akan melakukan pembenahan dan pemasangan penerangan jalan yang ada di jalan protokol Kabupaten, sesuai dengan kondisi jalan dan lebar jalan, agar benar-benar terlihat terang sesuai dengan wajah ibu kota Kabupaten. (metro7/ali)