TANJUNG – Saat ini keberadaan Komando Rayon Militer (Koramil) cuma berjumlah 6 buah dari 12 Kecamatan di Kabupaten Tabalong. Guna melengkapi satuan teritorial dan berada tingkat kecamatan bagian dari TNI Angkatan Darat yang langsung berhubungan dengan pejabat dan masyarakat sipil tersebut, maka pihak Kodim 1008/Tanjung bekerjasama dengan Pemkab setempat merencanakan bakal melakukan pembangunan Pos Ramil di dua Kecamatan strategis, yakni Kecamatan Pugaan dan Bintang Ara.
“Saat ini jumlah Koramil kita Cuma 6 buah dari 12 kecamatan di Tabalong. Rencananya kami (Kodim 1008/Tanjung) bersama Pemkab Tabalong bakal membangun dua Pos Ramil, yakni di Pugaan dan Bintang Ara,” kata Dandim 1008/Tanjung Letkol Arm Anang Krisna saat sambutannya diacara peresmian bangunan baru Koramil Banua Lawas, Senin tadi.
Komandan Kodim yang baru bertugas di Bumi Sarabakawa ini turut mengucapkan terimakasihnya kepada semua pihak terlebih Pemkab Tabalong dalam upaya mendukung keberadaan Koramil di Kecamatan. Ditegaskannya dengan adanya dukungan semua pihak, maka diintruksikan kepada prajurit TNI yang bertugas di Kecamatan agar kinerjanya lebih, dan dapat menunjukkan sikap semangat membantu masyarakat.
“Kami juga sudah menyiapkan prajurit yang bakal ditugaskan mengisi Pos Ramil yang segera dibangunkan di Pugaan dan Bintang Ara tersebut,” katanya lagi.
Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani saat sambutannya berjanji bakal terus mendukung keberadaan Koramil di Kecamatan. Terlebih keberadaannya sebagai satuan teritorial yang tentunya memiliki program kegiatan yang sangat berguna bagi Rakyat Tabalong.
Anang juga meminta maaf di anggaran nanti seyogyanya pihaknya dapat membantu dua Pos Ramil. Namun, cuma dapat menganggarkan satu Pos Ramil. Hal itu terkait adanya Perintah Pusat yang mengurangi dana bantuan pusat 10%.
Namun, janjinya lagi, pihak Pemkab Tabalong akan terus mengupayakan bantuan pembangunan agar keberadaannya di Kecamatan yang belum ada Koramil atau Pos Ramil.
Sekedar diketahui, tugas Koramil adalah menyelenggarakan binter (pembinaan teritorial) di wilayah melalui berbagai macam kegiatan,di antara nya melaksanakan pembinaaan kesadaran berbangsa dan bernegara melalui pemahaman yang mendalam tentang tatanan nilai-nilai kebangsaan,serta pembinaan kesadaran bela negara dan cinta tanah air melalui pemahaman yang mendalam tentang sejarah dan jati diri bangsa Indonesia,jiwa semangat perjuangan bangsa Indonesia dalam membela negara yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
Juga pembinaan tentang kemanunggalan TNI-Rakyat melalui pemahaman jati diri TNI yaitu TNI dari Rakyat berjuang bersama Rakyat dan berbuat untuk kepentingan Rakyat, Di antaranya melaksanakan kegiatan Bhakti TNI serta kegiatan-kegiatan yang lain nya yang berguna untuk Rakyat dan kemajuan Bangsa Indonesia,selain itu koramil menyelenggarakan pembinaan perlawanan Rakyat (WANRA) di daerah nya sesuai tanggung jawab nya di wilayah dalam rangka untuk menciptakan ketahanan dan keamanan wilayah dari ganguan-gangguan yang mengancam keamanan Bangsa Indonesia. (metro7)