TANJUNG – Seiring makin dangkal dan kotornya keberadaan sungai Banua Rantau Kecamatan Banua Lawas. Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani memastikan Pemkab bekerjasama dengan TNI dan Polri akan segera melakukan normalisasi sungai yang jadi sumber kehidupan masyarakat tersebut.
“Dengan bekerjasama gotong royong dengan TNI dan Polri, segera akan kita normalisasi sungai Banua Rantau agar keberadaan sungai bisa bermanfaat bagi masyarakat disini,” kata Anang saat Safari Ramadhan di Mesjid Nurul Kiram desa Banua Rantau Banua Lawas.
Sungai yang panjangnya sekitar 10 kilo meter tersebut dipastikannya usai dinormalisasi maka bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat, baik mengalirkan air ke hilir, pusat dari ekosistem, mencari nafkah, sumber bahan konsumsi, untuk kebutuhan sehari – hari maupun mencegah banjir.
“Sebelumnya saya banyak mendapat keluhan masyarakat bahwa sungai Banua Rantau ini sudah tidak bisa lagi diusahakan ternak ikan keramba sebab air nya dangkal dan tidak mengalirnya air dari sungai Tabalong,” katanya.
“ Untuk mengatasi itu, Saya pastikan segera akan kita normalisasi agar keberadaan sungai disini bisa bermanfaat lagi bagi masyarakat,” imbuhnya sembari memastikan dia sendiri bakal turun langsung ikut bergotong royong bersama TNI, Polri dan masyarakat menormalisasi sungai Banua Rantau. (metro7)