BATULICIN – Musyawarah Rencana Pembangunan  (Musrembang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu) Tahun 2016 – 2021 di gelar di Mahligai Bersujud,  Rabu (8/6) kemarin.
Musrembang yang dibuka  Wakil Bupati Tanbu H. Sudian Noor itu di hadiri Ketua DPRD Tanbu H. Supiansyah, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD)  Tanbu, Kepala Bappeda Prov Kalsel yang diwakili oleh I Gede Suardika, Sekda Tanbu H. Said Akhmad, seluruh pejabat di lingkungan pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dan Kepala KSOP Kotabaru Aprianus Hengky dan Bahruni dari Institute Pertanian Bogor selaku nara sumber penajaman RPJMD Tanah Bumbu.
 “Sudah menjadi kewajiban pemerintah daerah untuk menyusun RPJMD sebagai bentuk komitmen janji pembangunan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah terpilih selama lima tahun kedepan” Kata H. Sudian Noor, Wakil Bupati Tanah Bumbu saat menyampaikan pidatonya.
Dikatakan Wabup, sebagaimana tertuang dalam visi dan misi, maka  pembangunan lima tahun kedepan secara garis besarnya terfokus pada lima point pembangunan meliputi ; 1). Peningkatan Perekonomian Masyarakat yang dicapai dengan pengelolaan infrastruktur pelabuhan dan pengelolaan potensi-potensi kemaritiman daerah, 2). Menggiatkan kegiatan industry dan perdagangan mulai dari skala kecil sampai skala besar, 3). Peningkatan Kualitas lingkungan untuk menjamin pembangunan yang berkelanjutan, 4). Meningkatkan kualitas dan kapasitas SDM di Tanah Bumbu dalam menghadapi persaingan global, 5).
Menetapkan tata kelola birokrasi yang menjamin perbaikan kualitas layanan aparatur dalam pembangunan Tanah Bumbu yang dilakukan dengan reformasi birokrasi dan revolusi mental para pelaku pembangunan. 
“Kita akan menciptakan zona industri Tanah Bumbu dengan menggeliatkan industri-industri hilir atau pengolahan, menciptakan bos-bos kecil di desa, memperbaiki layanan kesehatan dan pendidikan, serta meningkatkan derajat hidup masyarakat Tanah Bumbu,” kata H. Sudian Noor.
Sementara itu, Kepala Bappeda Prov Kalsel yang diwakili oleh I Gede Suardika, mengatakan RPJMD yang di susun Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu diharapkan bersinergi dengan RPJMD Provinsi Kalimantan Selatan.
“Kami berharap terjadi sinergitas antar Program Nasional, Provinsi dan Program yang di susun oleh Kabupaten” ujarnya.
Dibeberkannya, RPJMD Provinsi Kalimantan Selatan terdiri dari 13 Prioritas Pembangunan yang terbagi kedalam lima misi. Terkhusus untuk Pembangunan di Tanah Bumbu yaitu mendorong pembangunan jalan tol Banjarbaru – Batulicin serta  Mendorong peningkatan ruas jalan Kandangan – Batulicin. (metro7/relhum)