BARABAI – Tentara Nasional Indonesia (TNI) merayakan upacara peringatan hari ulang tahun TNI ke 71 yang jatuh tepat pada 5 Oktober, di kabupaten Hulu Sungai Tengah Upacara ini dilangsungkan di lapangan Batalyon Infanteri 621 Manuntung. Rabu (5/10)
Bertindak sebagai Komandan Upacara Kapten Inf. Indra Surya, sedangkan  Inspektur Upacara adalah Letkol Inf. Dodit Herry Setiawan, Komandan Kodim 1002 Barabai.
Perayaan HUT TNI tahun ini agak berbeda dari sebelumnya. Dalam perayaan kali ini, tidak ada demonstrasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) dan parade atau defile.
“Pada peringatan ke-71 ini memang tidak dilaksanakan secara terpusat. Tidak ada parade defile dan demonstrasi atraktif alutsista, tetapi peringatan dilaksanakan di tiap-tiap daerah secara sederhana,” ujar Letkol inf Dodit Herry Setiawan yang membacakan sambutan dari Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.
Kendati demikian, kesederhanaan tersebut tak mengurangi makna perayaan HUT TNI, dalam sambutannya tersebut  Panglima TNI mengatakan agar TNI  dapat terus hidup berdampingan bersama rakyat. Karena hal ini merupakan ciri dari TNI.
“Makna yang terkandung dalam hal tersebut adalah TNI tumbuh dan berjuang bersama rakyat. Ini ciri yang tidak boleh pudar. Kesejatian itu harus dikembangkan dan diserasikan dengan pola pikir masyarakat yang lebih modern. Karena bersama rakyat, TNI kuat,” ujarnya. AdvHumHST