AMUNTAI – Berkenaan dengan hari Assyura tepatnya 10 Muharram,Bakal Calon Bupati Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) periode 2017 – 2022, H.Mukhsin Haita, Selasa, (11/10/2016)  rela naik motor demi santuni dan meminyaki kepala anak piatu di Desa Teluk Haur Rt 02, Kecamatan Haur Gading.
Tradisi meminyaki ini selain di Kecamatan Haur Gading, juga bisa ditemui di Kecamatan Banjang, dimana panitia dan masyarakat mengumpulkan para anak yatim yang tersebar di Kabupaten HSU dengan cara mengusap kepalanya pakai minyak.
 Mukhsin mengatakan, maksud memberikan santunan dan mengusap kepala anak yatim dengan minyak merupakan anjuran sunah rasul yang kita lasaksanakan setiap tahunnya.
 ”Memberikan santunan merupakan kepedulian kita terhadap anak yatim piato, juga menyisihkan sebagian rezeki terhadapnya,”kata Mukhsin.
 Ustadz Amin, Menyampaikan pada Tausyiahnya pada kegiatan serupa di kecamatan Banjang, barang siapa mengusap kepala anak yatim dihelai rambut mereka maka akan diangkat derajatnya disetiap helai rambutnya. (metro7/awir)