Paringin – Dalam setahun perjalanan pemerintahan Sehati, dalam hal pembangunan khususnya infrastruktur masih belum banyak yang dibangun. Hal ini dinilai wajar, karena setahun waktu yang dinilai sangat singkat, apalagi proses pembagunan infrastruktur perlu dana dan waktu yang lebih banyak dan panjang. Hal ini diakui oleh Bupati Balangan, H. Ansharuddin, jika dalam setahun kepemimpinannya, pembangunan infrastruktur masih belum maksimal.
“Infrastruktur inikan membutuhkan pendanaan besar dan berkelanjutan, apalagi setahun terakhir ini lebih banyak menjalankan program anggaran tahun sebelumnya. Selain itu, adanya pengurangan anggaran juga berpengaruh, terlebih banyaknya kebutuhan dasar yang harus diselesaikan terlebih dahulu,” ujar H. Ansharuddin.
 Menurut Bupati, pembangunan infrastruktur adalah sesuatu yang tidak dapat dilakukan seperti berlari dengan lebih cepat. Apalagi setahun terakhir ini, fokus pemerintahan yang dipimpinnya adalah pada pemenuhan visi dan misi saat kampanye, yaitu pada pembenahan bidang pendidikan dan kesehatan.
 “Tahun pertama kita fokus pada realisasi visi dan misi non fisik dulu, dan saya rasa semuanya sudah terlaksana sepanjang tahun tadi. Sekarang baru kita membenahi infrastruktur secara bertahap kedepannya,” ujarnya.
 Tercatat, setidaknya ada lima program yang telah terlaksana sepanjang satu tahun kepemimpinan H. Ansharuddin dan H. Syaifullah. Pada bidang kesehatan, masyarakat kurang mampu yang mau berobat cukup membawa KTP dan Kartu Keluarga. Di bidang pendidikan, yaitu memberikan beasiswa melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi bagi siswa tamatan SMA sederajat yang berprestasi.
 Selain itu juga berhasil memperjuangkan royalti batu bara dari 50 menjadi 78 persen. Ada juga penjaminan biaya listrik dan PDAM di semua rumah ibadah, serta yang baru saja diluncurkan yaitu program Gema Desa Sehati, yang mana setiap Kepala SOPD diberikan tanggung jawab beberapa desa untuk dibina.
 Satu hal yang lebih penting kata H. Ansharuddin, selama ini kerja sama antara dirinya sebagai Bupati bersama Wakil Bupati, kepala dinas, kepala bagian, camat serta seluruh desa se Kabupaten Balangan tetap terjaga dengan baik.
 “Perbaikan infrastruktur khususnya jalan di seluruh wilayah Balangan menjadi prioritas. Setelah itu, baru pada peningkatan jalan yang dilakukan tahap demi tahap. Secara umum prioritas kerja lain yang digenjot,”pungkasnya. (Metro7/sugi / tim kominfo)