TANJUNG – DPRD Kabupaten Tabalong menggelar rapat paripurna, tentang pencapaian laporan keterangan pertanggung jawaban (LKPJ) Bupati Tabalong tahun 2016. LKPJ yang disampaikan langsung oleh Bupati Tabalong H.Anang Syakhfiani didampingi Wakil Bupati H.Zony Alfianoor, dengan disaksikan unsur FKPD, para kepala organisasi perangkat daerah dan sejumlah undangan lainnya.
Rapat paripurna pada Rabu (29/03) di aula Graha Sakata gedung DPRD Tabalong dipimpin langsung oleh Ketua DPRD H.Darwin Awi yang didampingi Wakil Ketua I Hj.Mursidah Wakil Ketua II Masruddin dan Sekretaris DPRD H.Dimyati. Rapat paripurna juga dihadiri segenap Ketua Fraksi dan anggota DPRD Tabalong.
Bupati Tabalong H.Anang Syakhfiani mengawali pidato pengantar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Tahun 2016 ini, secara khusus menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan seluruh anggota Dewan yang selama ini selalu menjadi mitra dalam memberikan sosial kontrol serta saran dan masukan yang konstruktif dalam melaksanakan tugas dan pengabdian di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, sehingga tugas-tugas tersebut dapat dilaksanakan dengan baik.
“Pelaksanaan tugas yang saya sampaikan ini dalam prakteknya terkadang ada masalah dan hambatan, namun semuanya dapat diatasi berkat dukungan dan kerjasama kita semua,” katanya
Pada sisi lain keberhasilan yang dicapai dalam melaksanakan tugas dan pengabdian ini juga tidak lepas dari dukungan dan kerjasama yang baik dari semua unsur Pimpinan Daerah yang ada di kabupaten Tabalong. Dukungan dan kerjasama ini diharapkan terus berlanjut dan bahkan semakin dtingkatkan lagi di tahun-tahun mendatang.
Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Tabalong Nomor 18 Tahun 2014 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kabupaten Tabalong Tahun 2015-2019, telah ditetapkan Visi kabupaten Tabalong yaitu : “Menuju Kabupaten Tabalong Yang Agamis, Sejahtera dan Mandiri”
Pelaksanaan pembangunan selama tahun anggaran 2016 ini kebijakannya dibuat berdasarkan Renstra SKPD 2015-2019, penjabaran dari RPJMD kabupaten Tabalong 2015-2019, merupakan pelaksanaan tugas Tahun Ketiga pada periode kepemimpinan.
Pada kesempatan ini, disampaikan gambaran secara umum pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan yang tertuang dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah kabupaten Tabalong Tahun 2016. Dalam hal ini ada 2 (dua) kinerja utama yang akan disampaikan, yakni kinerja keuangan dan kinerja pembangunan.
Variabel pertama dari kinerja keuangan adalah pendapatan daerah. Target pendapatan pada Tahun Anggaran 2016 adalah sebesar Rp.1.601.254.214.600,00 (Satu Trilyun Enam Ratus Saru Milyar Dua Ratus Lima Puluh Empat Juta Dua Ratus Empat Belas Ribu Enam Ratus Rupiah) dapat direalisasikan sebesar Rp.1.611.331.408.470,00 (Satu Trilyun Enam Ratus Sebelas Milyar Tiga Ratus Tiga Puluh satu Juta Empat Ratus Delapan Ribu Empat Ratus Tujuh Puluh Rupiah) atau dalam perbandingan relatif sebesar 100,63%, sedangkan perbandingan realisasi perkelompok pendapatan adalah sebagai berikut :
Pendapatan Asli Daerah ditargetkan sebesar Rp.135.202.012.600,00 (Seratus Tiga Puluh Lima Milyar Dua Ratus Dua Juta Dua Belas Ribu Enam Ratus Rupiah) dapat direalisasikan sebesar Rp.138.295.616.200,00 (Seratus Tiga Puluh Delapan Milyar Dua Ratus Sembilan Puluh Lima Juta Enam ratus Enam Belas Ribu Dua Ratus Rupiah) atau dalam perbandingan relatif pencapaian realisasi sebesar 102,29%. Sedangkan realisasi kontribusi Pendapatan Asli Daerah terhadap total pendapatan adalah sebesar 8,58%.
Dana perimbangan ditargetkan sebesar Rp.1.288.610.022.000,00 (Satu Trilyun Dua Ratus Delapan Puluh Delapan Milyar Enam Ratus Sepuluh Jua Dua Puluh Dua Ribu Rupiah) dapat direalisasikan sebesar Rp.1.274.201.827.983,00 (Satu Trilyun Dua Ratus Tujuh Puluh Empat Milyar Dua Ratus Satu Juta Delapan Ratus Dua Puluh Tujuh Ribu Sembilan Ratus Delapan Puluh Tiga Rupiah) atau dalam perbandingan relatif pencapaian realisasi sebesar 98,88%. Sedangkan realisasi kontribusi Dana Perimbangan terhadap total pendapatan adalah sebesar 79,08%.
Lain-lain Pendapatan Daerah Yang Sah ditargetkan sebesar Rp.177.442.180.000,00 (seratus Tujuh Puluh Tujuh Milyar Empat Ratus Empat Puluh Dua Juta Seratus Delapan Puluh Ribu Rupiah) dapat direalisasikan sebesar Rp.198.833.964.287,00 (Seratus Sembilan Puluh Delapan Milyar Delapan Ratus Tiga Puluh Tiga Juta Sembilan Ratus Enam Puluh Empat Ribu Dua Ratus Delapan Puluh Tujuh Rupiah) atau dalam perbandingan relatif pencapaian realisasi sebesar 112,06%. Sedangkan realisasi kontribusi Lain-lain Pendapatan Daerah Yang Sah terhadap total pendapatan adalah sebesar 12,34%.
Variabel kedua dari kinerja keuanganadalah total belanja daerah dan transfer. Di tahun anggaran 2016, realisasi belanja daerah dan transfer sebesar Rp.1.449.005.805.906,00 (Satu Trilyun Empat Ratus Empat Puluh Sembilan Milyar Lima Juta Delapan Ratus Lima Ribu Sembilan Ratus Enam Rupiah) dari target anggaran yang ditetapkan sebesar Rp.1.738.565.753.452,00 (Satu Trilyun Tujuh Ratus Tiga Puluh Delapan Milyar Lima Ratus Enam Puluh Lima Juta Tujuh Ratus Lima Puluh Tiga Ribu Empat Ratus Lima Puluh Dua Rupiah). Secara garis besar terjadi penghematan atau saving sebesar Rp.289.559.947.546,00 (Dua Ratus Delapan Puluh Sembilan Milyar Lima Ratus Lima Puluh Sembilan Juta Sembilan Ratus Empat Puluh Tujuh Ribu Lima Ratus Empat Puluh Enam Rupiah) atau dalam perbandingan reatif realisasi belanja sebesar 86,22% dari target anggaran yang telah ditetapkan.
Selanjutnya ada 4 (empat) komponen dari belanja daerah. Yang pertama adalah belanja operasi. Realisasi belanja operasi adalah sebesar Rp.849.256.035.329,00 (Delapan Ratus Empat Puluh Sembilan Milyar Dua Ratus Lima Puluh Enam Juta Tiga Puluh Lima Ribu Tiga Ratus Dua Puluh Sembilan Rupiah) dari target anggaran sebesr Rp.1.029.019.189.134,00 (Satu Trilyun Dua Puluh Sembilan Milyar Sembilan Belas Juta Seratus Delapan Puluh Sembilan Ribu Seratus Tiga Puluh Empat Rupiah) atau realisasi belanja sebesar 82,53%. Realisasi belanja operasi apabila diperbandingkan terhadap total realisasi belanja adalah sebesar 64,29%.
Komponen yang kedua adalah belanja modal. Realisasi belanja modal adalah sebesar Rp.471.516.477.837,00 (Empat Ratus TujuhPuluh Satu Milyar Lima Ratus Enam Belas Juta Empat Ratus Tujuh Puluh Tujuh Ribu Delapan ratus Tiga Puluh Tujuh Rupiah) dari target anggaran Rp.529.361.869.317,72 (Lima Ratus Dua Puluh Sembilan Milyar Tiga Ratus Enam Puluh Satu Juta Delapan Ratus Enam Puluh Sembilan Ribu Tiga Ratus Tujuh Belas Rupiah)atau realisasi belanja sebesar 89,07%. Realisasi belanja modal apabila diperbandingan terhadap total realisasi belanja adalah sebesar 35,70%.
Komponen yang ketiga adalah belanja tidak terduga. Komponen ini ditetapkan sebesar Rp.1.084.200.000,00 (Satu Milyar Delapan Puluh Empat Juta Dua Ratus Ribu Rupiah) direalisasikan sebesar Rp.125.498.500,00 (Seratus Dua Puluh Lima Juta Empat Ratus Sembilan Puluh Delapan Ribu Lima Ratus Rupiah) atau dalam perbandingan relatif sebesar 11,58% sedangkan prosentasi realisasi belanja tak terduga terhadap realisasi total Belanja adalah sebesar 0,01%.
Komponen yang keempat adalah belanja transfer, bagi hasil ke kab/kota/desa ini ditetapkan sebesar Rp.179.100.495.000,00 (Seratus Tujuh Puluh Sembilan Milyar Seratus Juta Empat Ratus sembilan Puluh Lima Ribu Rupiah) direalisasikan sebesar Rp.178.107.794.240,00 (Seratus Tujuh Puluh Delapan Milyar Seratus Tujuh Juta Tujuh Ratus sembilan Puluh Empat Ribu Dua Ratus Empat Puluh Rupiah) atau dalam perbandingan relatif sebesar 99,45%. Sedangkan prosentasi realisasi belanja tranfer terhada realisasi total Belanja adalah sebesar 13,48%.
Untuk variabel katiga dari kinerja keuangan adalah Pembiayaan Daerah, dimana dalam pelaksanaan anggaran tahun 2016 realisasi penerimaan pembiayaan sebesar Rp.160.475.007.106, 00 (Seratus Enam Puluh Milyar Empat Ratus Tujuh Puluh Lima Juta Tujuh Ribu Seratus Enam Rupiah) dan pengeluaran pembiayaan berjumlah Rp.4.810.788.651,00 (Empat Milyar Delapan Ratus Sepuluh Tujuh Juta Ratus Delapan Puluh.
PDRB kabupaten Tabalong Tahun 2015 Atas Dasar Harga Berlaku (ADHB) dengan migas mencapai Rp.15.105.297.000,- (Lima Belas Milyar Seratus  Lima Juta Dua Ratus Sembilan Puluh Tujuh Rupiah), atau mengalami peningkatan sebesar 2,03% dibanding Tahun 2014 yang mencapai Rp.14.804.395.000,- (Empat Belas milyar Delapan Ratus Empat Juta Tiga Ratus Sembilan Puluh Lima Ribu Rupiah).
Sementara itu PDRB tanpa migas ternyata mengalami kenaikan sebesar 11,39% dari Rp.7.237.142.000,- (Tujuh Milyar Dua Ratus Tiga Puluh Juta Seratus Empat Puluh Dua Ribu Rupiah) di tahun 2015 menjadi Rp.6.412.605.000,- (Enam Milyar Empat Ratus Dua Belas Juta Enam Ratus Lima Ribu Rupiah) sedangkan total PDRB kabupaten Tabalong tahun 2015 atas dasar harga konstan (ADHK) dengan migas mencapai Rp.12.937.338.000,- (Dua Belas Milyar Sembila Ratus Tiga Puluh Tujuh Juta Tiga Ratus Tiga Puluh Delapan Ribu Rupiah) atau mengalami peningkatan sebesar 2,47% dibanding tahun 2014 sebesar Rp12.625.110.000,- (Dua Belas Milyar Enam Ratus Dua Puluh Lima Juta Seratus Sepuluh Ribu Rupiah).
Kemudian untuk struktur ekonomi, pada tahun 2015 struktur ekonomi kabupaten Tabalong didominasi oleh 3 (tiga) sektor besar yaitu pertambangan/penggalian, pertanian, kehutanan dan perikanan, dan industri pengolahan. Hal ini tercermin dari sumbangan ketiga sektor ini terhadap total PDRB atas dasar harga berlaku dengan migas yang cukup besar, rincian masing-masing sektor yaitu pertanian, kehutanan dan perikanan 10,15%, pertambangan dan penggalian 57,09% dan industri pengolahan 6,47%.
Sektor pertanian akan menjadi leading sektor dalam kemajuan daerah, kontribusi yang signifikan menjadi target yang segera terealisasikan. Mulai dari tanaman bahan pangan, perkebunan karet yang merupakan primadona Tabalong, serta perikanandarat yang tidak dipandang sebelah mata. Sepatutnya pemerintah lebih memprioritaskan sektor lain agar lebih berkembang seperti pertanian dab perdagangan, karena sewaktu-waktu dimasa yang akan datang cadangan batubara maupun minyak bumi ini juga akan habis karena tidak bisa diperbaharui lagi.
Secara agregat, pertumbuhan ekonomi kabupaten Tabalong melambat sejak tahun 2012, yaitu dari 5,33% menjadi 2,47%. Perlambatan tersebut diakibatkan karena melambatnya kategori lapangan usaha yang menjadi sumber pertumbuhan selama ini, pertambangan batu bara sendiri minus 0,16% ditambah minyak bumi juga mengalami pertumbuhan minus 7,40%.
Disisi lain sektor industri pengolahan mengalami peningkatan yang sangat signifikan dibanding tahun sebelumnya adapun andilnya sebesar 8,75% dibandingkan tahun 2014 yang sebesar 2,22%. Namun dari sektor pertanian, kehutanan dan perikanan mengalami penurunan menjadi sebesar 2,94% dibanding tahun 2014 sebesar 5,17%. Pengadaan listrik dan gas menyumbang sebesar 8,77% serta sektor informasi dan komunikasi memberikan pertumbuhan yang positif sebesar 10,86%. Hal ini menunjukan bahwa komposisi pertumbuhan ekonomi kita tidak bergantung hanya pada sektor pertambangan dan penggalian semmata tetapi juga ditentukan oleh sektor lainnya, terutama pada sektor pertanian, industri pengolahan da perdagangan besar dan eceran.
Indikator pembangunan ekonomi lainnya adalah PDRB Perkapita, dimana di kabupaten Tabalong selama kuruh tahun 2012-2015 PDRB perkapita Tabalong semakin meningkat setiap tahunnya dari 56,746 juta tahun 2012 menjadi 63.046 juta pada tahun 2015, atau tumbuh rata-rata sebesar 3,70% setiap tahunnya. Dari sisi pendapatan konstan, PDRB perkapita Tabalong juga mengalami peningkatan selama periode 2012-2015, yaitu dari 51.051 juta tahun 2012 menjadi 53.997 juta tahun 2015 atau tumbuh rata-rata sebesar 1,92%.
Salah satu ukuran kualitas yang dapat digunakan untuk mengetahui sejauh mana kualitas pembangunan manusia yang telah berhasil dicapai adalah dengan Human Development Index (HDI) atau Indek Pembangunan Manusia (IPM). Komponen  pembentuk indikator IPM ada 4 yaitu : Angka Harapan Hidup, Angka Melek Huruf, Lama Sekolah serta Pengeluaran per Kapita.
Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kabupaten Tabalong mengalami peningkatan dari 68,36 pada tahun 2014 menjadi 69,35 pada tahun 2015. Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan angka propinsi yaitu 68,38 namun masih rendah dibandingkan angka nasional yaitu 69,55.
Angka Harapan Hidup (AHH) di kabupaten Tabalong mengalami peningkatan dari tahun 2014 sebesar 69,39 tahun menjadi 69,74 tahun pada tahun 2015. Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan angka propinsi yaitu sebesar 67,47 tahun namun masih rendah dibandingkan angka nasional yaitu sebesar 70,59 tahun. AHH ini dapat menggambarkan kualitas hidup masyarakat disuatu daerah yang dikaitkan dengan status kesehatan, pendidikan, dan tingkat ekonomi.
Salah satu keberhasilan program pendidikan di kabupaten Tabalong ditunjukan dengan angka harapan lama sekolah dan rata-rata lama sekolah. Harapan Lama Sekolah (HLS) di kabupaten Tabalong mengalami  peningkatan dari tahun 2014sebesar 11,96 tahun menjadi 12,32 tahun pada tahun 2015. Sedangkan Rata-Rata Lama Sekolah (RLS) di kabupaten Tabalong mengalami peningkatan dari tahun 2014 sebesar 7,95 tahun menjadi 8,24 tahun pada tahun 2015.
Pengeluaran rii per kapita per tahun merupakan pengeluaran riil per kapita yang telah disesuaikan untuk menggambarkan daya beli masyarakat. Untuk kabupaten Tabalong, pengeluaran per kapita mengalami peningkatan dari Rp.10.088.000,- untuk tahun 2014 menjadi Rp10.171.000,- pada tahun 2015.
Selanjutnya untuk angka kemiskinan kabupaten Tabalong selama periode tahun 2012-2015 relatif berfluktuasi dengan garis kemiskinan yang semakin meningkat. Pada tahun 2014 dengan garis kemiskinan Rp.350.737,- terdapat 14.709 orang penduduk miskin  (6,21%) yang memiliki  pengeluaran/pendapatan dibawah garis kemiskinan. Pada tahun 2015 terdapat 15.710 orang penduduk miskin (6,59%) yang memiliki pengeluaran/pendapatandibawah garis kemiskinan sebesar Rp 368.924,-
Data-data tersebut diatas diambil berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik kabupaten Tabalong yang diterbitkan pada tahun 2016, dimana biasanya BPS menyajikan data akhir satu tahun sebelum penerbitannya. Jadi untuk data tahun 2016 BPS akan menerbitkannya pada tahun 2017, yang biasanya diterbitkan paling cepat pertengahan tahun berjalan.
“Dalam rangka peningkatan kualitas dan pengembangan sumber daya manusia, telah kita tetapkan paling tidak tiga bidang pembangunan yang memiliki peran mendasar yakni bidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur,” katanya. (metro7/via)
Kinerja di Bidang Pendidikan dapat kita lihat dari beberapa indikator dibawah ini :
a.            Persentasi penduduk yang berusia >15 tahun melek huruf (tidak buta aksara). Jumlah penduduk
usia   15 tahun keatas dapat baca tulis dibagi jumlah penduduk usia 15 tahun keatas dikali 100. Realisasi indikator pada tahun 2016 sebesar 98,98% (Jumlah penduduk usia 15 tahun ketas dapat baca tulis 237.325 jiwa dibagi jumlah penduduk usia 15 tahun keatas 239.773 jiwa dikali 100) dari target 99,04%. Data tersebut menunjukan bahwa realisasinya masih kurang dari target yang diinginkan yaitu sebesar 0,06%. Namun kalau dilihat dari capaian kinerjanya mendekati 100% yaitu sebesar 99,94%.

b.            Angka Partisipasi Kasar (APK) mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini sampai APK SMA?SMK perkembangannya bersifat fluktuatif, namun secara rata-rata capaian kinerja mengalami peningkatan dari Tahun 2015 sebesar 93,47% menjadi 108,02% di Tahun 2016.

c.             Angka Partisipasi Murni (APM) mulai dari SD/MI sampai dengan SMA/SMK juga bersifat fluktuatif dari tahun 2015 ke tahun 2016. Dimana secara rata-rata terjadi peningkatan dari angka92,86% ke angka 110,14%.
Selanjutnya untuk kinerja di bidang kesehatan dapat kita lihat dari beberapa indikator dibawah ini :

a)      Angka Kematian Bayi (AKB) di kabupaten Tabalong tahun 2016 sebanyak 9,5 per 1000 kelahiran hidup. Ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan target MDGs sebanyak 23 per 1000 kelahiran hidup.
b)      Angka Kematian Ibu (AKI) di kabupaten Tabalong pada tahun 2016 adalah sebanyak 146 per 100.000 kelahiran hidup, yang jika dibandinkan dengan tahun 2015 yang jumlahnya sebanyak 175 per 100.000 kelahiran hidup, terjadi penurunan sebesar 29 per 100.000 kelahiran hidup atau sebesar 16,57%.
c)       Kunjungan ibu hamil K4. Pada tahun 2016 persentasi cakupan K4 di kabupaten Tabalong sebesar 89,2%. Persentasi ini mengalami penurunan tipis dibandingkan tahun 2015 yang besarnya 89,4%.
d)      Cakupan persalinan yang ditolong oleh petugas kesehatan berkompetensi kebidanan. Pada tahun 2016 sebesar 92%, mengalami penurunan jika dibandingkan tahun 2015 yang besarnya 94,6%.
e)      Pencapaian Universal Child Immunization (UCI) . Pada tahun 2016 jumlah desa di kabupaten Tabalong yang mencapai UCI sebanyak 113 desa (86,3%) dari 131 desa/kelurahan. Data ini lebih tinggi dari capaian tahun 2015 yang besar 81,7%.
f)       Ibu Hamil Resiko Tinggi ditangani. Pada tahun 2016 ditargetkan 75% ibu hamil Resiko Tinggi/Komplikasi ditangani.
g)      Rumah tangga yang PHBS mengalami peningkatan dari 57% pada tahun 2015 menjadi 60,58% pada tahun 2016.
h)      Persentasi posyandu aktif yaitu posyandu dengan tingkat kemandirian purnama dan mandiri mengalami kenaikan dari 56,83%npada tahun 2015 menjadi 60,3% pada tahun 2016.
i)        Kepemilikan jamban keluarga di kabupaten Tabalong mengalami kenaikan dari 68% pada tahun 2015 menjadi 77% pada tahun 2016.

Di bidang infrastruktur, khususnya jalan, jembatan dann irigasi terjadi peningkatan di tahun 2016, dengan rincian sebagai berikut :

a.       Panjang jalan kabupaten berdasarkan jenis perkerasan aspal meningkat sebesar 1,74% atau sebesar 544.59 km menjadi 560,265 km yang terdiri dari aspal penetrasi makadam (lapen) dan aspal campuran panas (hotmix). Sedangkan panjang jalan berdasarkan kondisi untuk jumlah jalan dalam kondisi baik meningkat sebesar 2,87% atau 25,934 km.
b.      Jumlah jembatan kabupaten pada tahun 2016 meningkat dari 589 buah menjadi 593 buah.
c.       Sektor pengairan, pada tahun 2016 jumlah pintu air bertambah sebanyak 9 (sembilan) buah, saluran pasangan batu bertambah 10.397,20 meter, saluran pembuang bertambah 5.000 meter, jalan inspeksi/usaha tani bertambah 6.716,98 meter.
d.      Dengan telah dilaksanakannya pembangunan di beberapa pelayanan dasar, kita semua berharap agar kegiatan-kegiatan maupun sarana dan prasarana tersebut dapat bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan visi dan misi kabupaten Tabalong yang telah kita tetapkan bersama-sama.
Sebagai wujud apresiasi dan kerja keras kebersamaan berbuah hasil, yakni Kabupaten Tabalong telah menerima beberapa penghargaan dan anugerah baik dari tingkat propinsi maupun di tingkat pusat, yakni antara lain :
1.       Penghargaan dari BPK RI Perwakilan Kalimantan Selatan berupa Predikat WTP untuk pengelolaan keuangan APBD Tahun 2016.
2.       Penghargaan Pila Tata Nugraha Kategori Angkutan dari Menteri Perhubungan Republik Indonesia. Sebagai kabupaten yang berinovasi membenahi ketertiban lalu lintas dan angkutan umum.
3.       Penghargaan Bakti Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah ari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia.
4.       Penghargaan Piala Adipura Buana dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia sebagai Kepala Daerah yang menggabungkan unsur sosial dengan lingkungan untuk membentuk kota layak huni.
5.       Penghargaan Kawastara Pawitra dari Menteri Pendidikan Indonesia, sebagai Kepala Daerah yang memiliki komitmen dalam membangun dunia pendidikan, khususnya dalam Program Penyiapan Calon Kepala Sekolah (PPCKS).
6.       Penghargaan Sadar Hak Asasi Manusia dari Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia sebagai kabupaten yang peduli Hak Asasi Manusia.
7.       Anugerah Manggala Karya Kencana dari Kepala BKKBN Republik Indonesia atas Peran Pemerintah dalam Pembangunan di bidang Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).
8.       Penghargaan Aditya Karya Mahatva Yodha dari Ketua Umum Karang Taruna Pusat.
9.       Penghargaan Dwija Praja Nugraha dari PGRI Pusat, sebagai kepala daerah yaf memiliki komitmen dalam memajukan kualitas dan kesejahteraan tenaga guru.
10.   PerpuSeru Award (Coca Cola Foundation), sebagai kabupaten yang berkontribusi memajukan perpustakaan melalui peningkatan minat baca masyarakat.
11.   FASI Tiingkat Nasional
12.   Anugerah PANGRIPTA Nusantara dari Gubernur Kalimantan Selatan.
13.   Capaian Standar Tinggi dalam akuntansi dan pelaporan keuangan SKPD dan Pemerintah Daerah tahun 2016.
14.   LAKIP tahun 2015 dengan nilai CC.
15.   Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) tahun 2015 dengan nilai sangat tinggi (dengan angka 3,0822).
16.   Di tahun 2017, kita memantapkan diri untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan PORPRV yang ke X Kalimantan Selatan.