Cegah Pungli SOPD

0
14
Batulicin, –Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, memberikan penyuluhan hukum kepada Satuan Organisasi Perangkat Daerah sebagai upaya pencegahan dini adanya praktik pungutan liar.
 Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming di Batulicin, Rabu, mengatakan, kegiatan tersebut menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo bahwa salah satu lingkup dari reformasi hukum di Indonesia adalah pembenahan lembaga dan aparat penegak hukum itu sendiri.
 “Penyuluhan ini sangat penting dilakukan sebagai komitmen bersama dalam upaya memberantas dan mencegah terjadinya pungutan liar,” katanya.
 Ia mengatakan, terlaksananya penyuluhan hukum juga memberikan dampak yang positif terhadap kepercayaan publik dalam memberikan keadilan dan kepastian hukum menuju Tanah Bumbu bebas korupsi serta menghilangkan berbagai bentuk praktik pungli.
 Ketua Satgas Saber Pungli Komisari Polisi Norhayat menjelaskan bahwa pungli adalah perbuatan yang dilakukan oleh seseorang dengan cara meminta bayaran yang tidak sesuai atau tidak berdasar dengan peraturan yang sudah ditentukan oleh pihak terkait, seperti pemerasan dan penipuan.
 Saat ini Tim Saber Pungli lebih mengedepankan sosialisasi tentang keberadaan tim yang ada di Tanah Bumbu agar tidak ditemukan pungli sehingga tidak terjadi operasi tangkap tangan (OTT).
 “Jangan sampai pegawai instansi-instansi di Tanah Bumbu ada melakukan pungli, karena selain merusak nama baik sendiri, juga bisa merusak intansi dimana dia bekerja tersebut,” katanya.
 Peran masyarakat dalam pemberantasan pungutan liar sangat penting, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui media elektronik atau non elektronik.
 Ia menambahkan, peran serta masyarakat bisa berupa pemberian informasi, pengaduan, pelaporan, atau bentuk lainnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.
 “Kami berharap dengan dilaksanakannya penyuluhan hukum, praktik pungli dan sejenisnya di wilayah `Bumi Bersujud` ini dapat ditekan.Bahkan tak ada aktivitas tersebut, baik dari masyarakat maupun aparatur pemerintah sendiri demi mewujudkan pelayanan terbaik dan maksimal kepada masyarakat,” katanya. (metro7)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here