Pemkab Sediakan Rp 113 Milyar, Untuk Pembangunan Jalan Pedesaan Menuju Kecamatan

0
32
 TAMIANG LAYANG – Pemerintah Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah menyiapkan anggaran sekitar Rp. 90 miliar lebih untuk peningkatan jalan pedesaan di Kabupaten Barito Timur. Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas. SE, belum lama tadi mengatakan dana tersebut jika ditambah dana DAK sekitar Rp. 23 miliar jadi seluruhnya menjadi Rp. 113 miliar.
Karena dana tersebut ujar Ampera, semuanya untuk meningkatkan jalan penghubung pedesaan yang ada di Kabupaten Barito Timur. “Peningkatan jalan Desa Ampari ke Ampar Batu dianggarkan sekitar Rp. 11 milyar,” katanya.
 Dijelaskannya juga dana anggaran tersebut, untuk membangun jalan desa yang akan ditingkatkan, diantaranya Gumpa – Maragut yang diefisiensikan dengan jalan ke Kecamatan Benua Lima. “Padahal Desa Gumpa masuk kecamatan Dusun Timur, namun jika ditembuskan ke Desa Mangkarap maka akan menelan dana yang cukup besar. Oleh karena itu kita membangun dengan efisiensi anggaran,” ujar Ampera.
 Yang terpenting, tambahnya, peningkatan dan perbaikan jalan tersebut pemanfaatannya untuk seluruh masyarakat pedesaan. Sehingga bisa menjadi sarana transportasi masyarakat dalam mengangkut komiditas pertanian dan perkebunan untuk niaga yang bermuara pada peningkatan ekonomi masyarakat. “Jalan itu nantinya bisa juga menjadi sarana menuju akses pusat kecamatan dan ke perkantoran sebagai pusat layanan publik,” pungkas Ampera.(metro7/kb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here