TANJUNG – Kabar gembira bagi publik khususnya bagi daerah-daerah berdekatan dengan Kabupaten Tabalong yang menginginkan perjalanan cepat menggunakan transportasi udara.
 Ini karena tidak lama lagi, tepatnya Agustus 2017 direncanakan pelayanan umum untuk penerbangan di Bandara Warukin beroperasi kembali.
 Seiring sudah selesainya renovasi bandara oleh PT Pertamina melalui anak perusahaannya PT PAS (Pelita Air Service).
 Informasi tersebut tertuang dalam acara Expose dan Airlines Gathering Serta Komersialisasi Bandar Udara Warukin Tanjung, yang dihadiri Bupati H Anang Syakhfiani, pihak PT PAS, maskapai, jajaran Dinas Perhubungan se Kalsel serta pihak perusahaan besar yang ada di Tablong, Senin (8/5) tempat di Balroom Novotel, Banjarbaru.
 “Akhir Juni sudah selesai renovasi Bandara Warukin. Jadi paling lambat di kemerdekaan RI ke-72 atau Agustus nanti sudah operasional,” kata bupati .
 Dengan beroperasinya bandara satu-satunya di Banua Enam ini diyakininya bakal mendongkrak potensi ekonomi daerah, dan bukan hanya menguntungkan Tabalong melainkan daerah sekitar lainnya.
 Sebagaimana selama ini, disebut bupati bahwa kesulitan daerah dalam mengembangankan ekonomi adalah transportasi, sebab biayanya  tinggi.
 “Beroperasinya Bandara Warukin bukan hanya untuk daerah kami Tabalong, tapi bermanfaat bagi semua daerah tetangga, saya berkeyakinan potensi kabupaten akan berkembang pesat,” katanya lagi.
 Ketua DPRD Tabalong, H Darwin Awie juga memastikan pihaknya sangat mendukung perkembangan bandara, terlebih demi kepentingan publik khususnya daerah.
 “Kami DPRD sejak awal komitmen untuk menghidupkan kembali Bandara Warukin demi kemajuan daerah,” katanya.
 Terkait rute penerbangan yang bakal hadir di bandara Warukin, dikatakan Vice Presiden Marketing PT PAS Ardian Adityia pihaknya membuka jalur potensial Tanjung – Surabaya, lalu Tanjung – Balikpapan – Samarinda, kemudian Tanjung – Banjarmasin, dan Tanjung – Ujung Pandang –  Kotabaru.
 “Pesawat yang kita siapkan yakni ATR 72,” katanya.
 Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Tabalong, H Nanang Mulkani mengatakan juga memastikan kesiapan daerah sebagai pengelola bandara baik terkait SDM petugas lapangan, peralatan keamanan, maupun regulasi.
 “Artinya Bandara Warukin kami sudah sangat siap operasional,” katanya.
 Selain dihadiri pihak PT PAS, acara Expose & Airlines Gathering Serta Komersialisasi Bandar Udara Warukin Tanjung inipun dihadiri para perwakilan maskapai lainnya seperti Susi Air, Wing Air, serta Kalstar.
“Kalau sudah siap bulan Agustus, kami akan segera mengirimkan tim ke Kabupaten Tabalong. Kami siap operasional di Bandara Warukin,” kata perwakilan dari Wing Air. (Metro7/amy)