PARINGIN – Berkaca kepada Pemkab Tabalong yang telah membangunkan Balai Wartawan untuk para pekerja jurnalistik di Bumi Serabakawa, Bupati Balangan H Ansharuddin juga berencana membangunkan Balai Wartawan untuk para pekerja kuli tinta di Bumi Sanggam.
Balai Wartawan sendiri, menurut Ansahruddin, direncanakan akan mulai dibangun pada tahun 2018 mendatang.
 “Pembangunan Balai Wartawan ini sebagai wujud apresiasi atas terjalin baiknya hubungan antara Pemkab Balangan dengan para jurnalis yang ada termasuk organisai Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Balangan,” bebernya.
 Keberadaan Balai Wartawan ini, menurut Anshat, tentu nantinya bisa memudahkan pekerja media dalam melaksanakan tugasnya dan pada gilirannya tentu pers semakin maju.
 “Kalau bukan karena wartawan atau media, tidak mungkin keberhasilan dan kekurangan sistem pemerintahan kita akan diketahui orang dan kita bisa memperbaikinya segara. Untuk itu, jika nanti Balai Wartawan sudah, para jurnalis jangan merasa sungkan, silakan jalankan daya kritik sebagaimana mestinya,” jelasnya.
 Rencana pembangunan Balai Wartawan ini sendiri, lanjut Anshar, mungkin akan menggunakan dana dari CSR perusahaan. Ini dikarenakan tidak memungkinkan menggunakan dana APBD karena pemerintah pusat memberlakukan Monaturiom selama lima tahun,  yang tidak membolehkan adanya pembangunan fisik seperti gedung perkantoran.
 “Ya,  kita doakan saja,  semoga pembangunan Gedung sekretariat PWI Balangan ini bisa terlaksana sesuai dengan harapan,” harapnya.
 “Keberadaan Balai wartawan nantinya tentu tidak sebatas jadi tempat berkumpulnya wartawan untuk bertukar informasi, tetapi juga dapat dijadikan sebagai tempat kerja dalam menyampaikan berita kepada masyarakat,” ujar Junaidi, seorang wartawan harian media lokal di Balangan.
 Apalagi jika lengkapi fasiltas penunjang, lanjut Junaidi, tentu keberadaan Balai Wartawan akan menjadi multi fungsi bukan hanya bagi para wartawan tapi juga masyarakat umum.
“Bisa saja nantinya Balai Wartawan kita gunakan sebagai tempat berkumpul sambil berdiskusi maupun kegiatan positif lainnya. Sehingga keberadaan Balai Wartawan mempunyai dampak positif lebih,” pungkasnya. (metro7/sugi)