Latih Pengrajin Anyaman Bamban

0
6
PARINGIN – Untuk meningkatkan perkembangan kerajinan khususnya anyaman dari Bamban di Balangan, Dinas Perindustrian Provinsi Kalsel bekerjasama dengan dinas setempat, Senin (15/5/2017) melakukan pelatihan kepada para pengrajin lokal.
Bertempat di GedumgDekranasda Balangan dan diadakan selama empat hari ini, diikuti oleh 25 orang pengrajin yang berasal dari Kecamatan Lampihong, Batumandi dan Tebing Tinggi.
Dalam acara pembukaan pelatihan tersebut, berhadir Ketua TP PKK sekaligus ketua Dekranasda Balangan hj. Nursidah Ansharuddin, perwakilan dari Dinas Perindustrian Provinsi Kalsel, Kepala Dinas Perindustrian Koperasi Balangan dan narasumber sekaligus instruktur dari Y.L Handycraft Yogyakarta.
Ketua TP PKK Balangan HjAnsharuddin dalam kesempatan ini membacakan sambutan dari Kepala Dinas Perindustrian Kalsel. Dikatakannya, pelatihan ini sangat penting dalam upaya menyinkronkan  program, kegiatan dan sasaran pembangunan antara Dinas Perindustrian provinsi dan kabupaten.
“Selain itu, pelatihan ini mempunyai makna yang sangat penting dalam upaya pemenuhan persyaratan kualitas dan kompetensi SDM, sekaligus untuk peningkatan daya  saing bagi industri, khususnya industri berbasis hasil hutan dan kerajinan,” ungkapnya.
Sehingga kata dia, dari sana diharapkan tercipta SDM yang berkompeten dan berkualitas dalam membuat desain anyaman bamban yang baik dan benar, serta diharapkan mampu bersaing di era Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) pada 2018.
Untuk itu, dirinya berpesan, agar para peserta pelatihan untuk semaksimal mungkib menyerap ilmu yang diberikan para narasumber.
“Ambil semua pelajaran yang diberikan dan teruslah berkarya dengan membuat kerajinan yang berkualitas. Agar produk kita bisa dikenal dan bersaing, sehingga akhirnya turut memajukan daerah,” pesannya. (metro7/sugi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here