PARINGIN – Bupati Balangan, H Ansharuddin secara langsung menghadiri  milik  Kelompok Tani Tanah Liuk Kelurahan Paringin Kota, Selasa (16/5/2017).
Selain Bupati Balangan H Ansharuddin,  juga turut hadir Dandim 1001 Amuntai Balangan, perawkilan Kepala Dinas Pertanian Kalsel, Kepala Dinas Pertanian Balangan Ir, Tuhalus serta undangan lainnya.
“Berkat kerja keras petani, kita bisa  malaksanakan syukuran panen padi hari ini. Apalagi menurut petugas pertanian padi yang kita penen hari ini bisa menghasilkan produksi tinggi diatas rata-rata,” ujar Bupati Balangan H Ansharuddin.
Dia mengajak, para petani di desa itu untuk terus  meningkat hasil panen padi dengan bekerja lebih giat lagi serta menerapkan sistem pertanian yang diberikan oleh para petugas dari dinas pertanian dilapangan.
“Saya berharap hasil ini terus dimaksimalkan, tingkatkan kemauan dan semangat yang kuat. Apalagi kini pemerintah memberikan dukungan penuh baik dalam bentuk bantuan alat pertanian maupub program khusus lainnya,” tegasnya.
Dia meminta, para petani untuk tidak ragu dengan kemajuan teknologi,  kalau orang lain bisa petani Balangan juga  harus lebih bisa.
“Kalau orang lain sudah tanam dua kali, kita juga harus bisa. Terlebih hampir semua alat pertanian, bibit, obat hingga pupuk sudah dibantu pemerintah,” ajaknya.
Kepala dinas pertanian Kabupaten Balangan Ir, Tuhalus dalam laporannya mengungkapkan, sampai saat sudah ada sekitar 1600 hektar padi yang sudah panen.
Untuk lahan yang belum panen, kata Tuhalus, ada sekitar 1700 hektar yang terdiri lahan persawahan dan pematang.
“Untuk luas tanam sudah mencapai 33.126 hektar atau 105%  melebihi target tanam yang dibebankan seluas 33 ribu hektar,” jelasnya.
Jumlah ini, lajutTuhalus, akan terus bertambah mengingat  program tanam dua kali masih terus berjalan, apalagi musim tanam 2017 masih panjang.
Lewat program tanam dua kali ini, menurut dia, bisa menjadikan aktivitas pertanian (tanam padi) bisa menjadi mata pencarian pokok masyarakat, bukan hanya sekedar pekerjaan sampingan seperti kebanyakan yang dilakukan para petani saat ini.
“Lewat berbagai program pertanian yang kita jalankan, diharapkan pertanian khususnya padi bisa menjadi penompang ekonomi yang handal di Balangan,”pungkasnya. (metro7/sugi)