Tokoh Paringin Datangi Dewan

0
23
PARINGIN – Para tokoh Balangan yang tergabung dalam wadah Penerus Perjuangan Kabupaten Balangan (PPKB), Senin (15/5/2017) mendatangi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balangan guna menyampaikan unek-unek mareka terkait kondisi terkini Kabupaten Balangan.
Kedatangam para sesepuh Bumi Sanggam yang sebelumnya merupakan bagian dari Panitia Penuntutan Kabupaten Balangan (PPKB) ini, diterima langsung oleh Ketua DPRD Balangan H Abdul Hadi, Wakil Ketua DPRD Balangan M Nor Iswan dan satu anggota DPRD Balangan H EduarniTarmidji.
Ketua PPKB Yusuf A mengungkapkan, kedatangan pihaknya ke dewan tidak lain untuk menyampaikan uneguneg terkait kondisi Balangan saat ini.
Uneguneg ini, kata dia, tidak terlepas dari Kasus dipanggilnya enam kepala dinas dan Ketua DPRD Balangan oleh tim tindak pidana korupsi (tipikor) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalimantan Selatan, guna mengusut dugaan penyimpangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Balangan 2016 senilai Rp 6,8 miliar.
“Kita minta kepada dewan agar bisa mendorong permasalahan ini agar tidak melebar kemana-mana. Biarkan proses hukum berjalan, tapi pemerintahan jangan terganggu, agar masyarakat luas tidak turut merasakan dampaknya,” ujar mantan Wakil Ketua DPRD Balangan ini.
Selain itu, dirinya juga urun saran, agar dewan lebih memaksimalkannya fungsi pengawasan lebih baik lagi. Supaya pemerintahan bisa berjalan dengan baik sehingga pembangunan juga berjalan dengan cepat.
Selain itu, pihaknya juga meminta, hubungan antara legislatif dan eksekutif agar berjalan lebih harmonis lagi, mengingat beberapa waktu terakhir beredar isu jika legislatif dan eksekutif lagi tidak akur.
“Pemerintah dengan DPRD harus lebih besinergi, selangkah sejalan dalam menjalankan fungsinya masing-masing. Agar semua pelaksanaan kepemerintahan berjalan baik dan benar-benar mengabdi untuk kepentingan masyarakat, sesuai dengan tujuan awal berdirinya kebupaten Balangan,” tegasnya.
Menyikapi saran para sesepuh Bumi Sanggam ini, Ketua DPRD Balangan H Abdul Hadi menyambutnya dengan hangat dan antusias.
Politisi PPP ini, berjanji akan berusaha melaksanakan saran para pejuang pembentukan  Kabupaten Balangan tersebut.
“Untuk lebih maksimal lagi apa yang menjadi saran para tokoh ini, kita akan melakukan pertemuan lanjutan minggu depan, dengan menghadirkan pihak pemerinta daerah. Sehingga apa yang mejadi saran mareka ini bisa langsung diserap pemerintah daerah,”ungkapnya.
Ditanya terkait tidak harmonisanya dewan dengan pihak pemerintah daerah, ketua DPC PPP Balangan menampiknya.
“Kita harmonis-harmonis saja,” ujar Hadi. (metro7/sugi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here