TAMIANG LAYANG – Kapolres Bartim AKBP Raden Petit Wijaya Sik, telah mengintruksikan kepada jajarannya dan pihak Polsek yang ada di Bartim, agar menjaga keamanan terkait dengan pelaksanaan Pilkades serentak yang akan di gelar pada tanggal 26 Juli 2017 mendatang.
“Kita sudah kerahkan kepada masing-masing Polsek, yang Kecamatanya telah menyelenggarakan pemilihan kepala desa (Pilkades) di Tempat Pemilihan Suara (TPS) agar pelaksanaan Pilkades dapat berjalan dengan lancar, aman, dan sukses” ungkap Kapolres Bartim usai kegiatan upacara memperingati hari Bhayangkara ke- 71, senin (10/7).
Selain itu juga, dia menghimbau kepada calon kepala desa agar mengedepankan sikap demokrasi yang mana dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) nantinya dapat menerima hasilnya dengan lapang dada serta siap menang dan siap kalah, agar proses pesta demokrasi bisa benar-benar berjalan sesuai dengan aturan dan harapan kita bersama, ucapnya.
Masih kata Petit, pihaknya juga sudah bekerjasama dengan Pengadilan Bartim, untuk mengantisipasi kalu adanya calon yang terkena masalah hukum agar bisa diketahui, sehingga jangan sampai setelah selesai Pilkades nanti yang bersangkutan terpilih lalu ada permasalahan dikemudian hari, hal tersebut jangan sampai terjadi, harapnya.
“Kita bekerjasama dengan pihak Pengadilan agar mengetahui calon tersebut, ada perkara kriminal atau tidak, karena kalau sudah terpilih jadi kades dan yang bersangkutan terkena Masalah Hukum, maka akan menimbulkan permasalahan dan konflik di masyarakat” tambah orang nomor satu dipolres Bartim.
Petit juga menjelaskan, sebanyak 87 desa yang tersebar di 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Bartim, pada tanggal 26 Juli ini, akan melaksanakan Pilkades secara serentak, sehingga diharapkan kepada calon Kades jangan melakukan politik yang bertentangan dengan aturan apalagi melanggar undang-undang dan tata tertib yang sudah ditentukan, bersaing lah dengan sehat, pungkas Raden Petit Wijaya. (metro7/all/kb).