PARINGIN – Memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI), Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Balangan menggelar acara pada Kamis (13/7) kemarin, bertempat di Gedung Sanggam, Paringin.
Dalam kesempatan ini, BNNK Balangan memberikan penghargaan kepada beberapa instansi di wilayah Balangan yang selama ini turut membantu dalam memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba.
Sejumlah instansi yang mendapat penghargaan tersebut yakni Polres Balangan, Kodim 1001 Amuntai-Balangan, Kejaksaan Negeri Balangan, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Balangan, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, MUI, Penyelenggara Budha dan PWI Tabalong Balangan. Ada juga yang mendapat penghargaan secara individu, yaitu Herpansyah Muhtar.
Kepala BNNK Balangan AKBP Abdul Muthalib mengatakan, sembilan instansi yang mendapat penghargaan itu terlibat langsung bukan hanya dalam memberantas narkoba, namun juga mencegah dengan memberikan pemahaman tentang bahaya laten narkoba kepada masyarakat.
“Terima kasih atas partisipasinya dalam membantu kami memerangi narkoba di wilayah Balangan, juga kepada seluruh masyarakat yang tidak bisa disebutkan satu-persatu,” ungkapnya.
Lebih lanjut Thalib mengatakan, saat ini kesadaran masyarakat Balangan dengan akan bahaya narkoba telah meningkat, hal itu dapat dilihat dari jumlah warga yang minta direhabilitasi ke BNNK Balangan.
“Dari awal tahun 2017 hingga sekarang, setidaknya ada 61 warga yang sudah masuk program rehab kita,” tukasnya. (metro7)