PARINGIN – Jika tahun 2015 lalu, Komunitas Wartawan Sanggam (Kowas) pernah mengelar aksi Seribu Buku Untuk Meratus guna menambah bahan bacaan bagi anak-anak meratus yang ada di Balangan, kini aksi serupa kembali digelar oleh Organisasi Balangan Peduli.
Dengan tujuan yang sama, Balangan Peduli berupaya menghimpun buku layak baca dari para donator guna mendonasikan buku untuk diberikan kepada anak-anak yang berada di pengunungan Meratus di Kecamatan Halong dan Kecamatan Tebing tinggi.
Ketua Organisasi Balangan Peduli Rusdin Barhiwan mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk membantu menyediakan bahan bacaan bagi anak-anak Pegunungan Meratus khususnya di Kecamatan Halong dan Kecamatan Tebing Tinggi.
Program ini, menurut salah satu tokoh pemuda Balangan ini, merupakan sebuah wujud kepeduliaan bersama terhadap dunia pendidikan di Balangan khususnya di kawasan Meratus, daerah pedalaman Kabupaten Balangan dan juga sebagai bentuk apresiasi terhadap semangat dan antusiasme anak-anak pengunungan Meratus yang tanpa mengenal kata lelah turun-naik gunung untuk bersekolah.
“Namun keterbatasan bahan bacaan berupa buku, tentunya berdampak pada terhambatnya perkembangan pendidikan mereka. Maka dari itu melalui kegiatan ini kami mengajak semua untuk donasikan buku yang merupakan sebuah jendela dunia yang akan menambah khazanah ilmu pengetahuan bagi anak-anak pegunungan meratus,” katanya.
Ditambahkan Rusdin, pihaknya sejak tanggal 15 Juli 2017 lalu telah membuka donasi buku hingga tanggal 15 september 2017 nanti. Pihaknya membuka donasi bagi semua kalangan baik masyarakat umum maupun instansi atau perusahaan.
“Sejak kita buka tanggal 15 juli kemarin sudah ada beberapa orang yang datang dan mendonasikan bukunya, dan ada satu Dinas dari Provinsi yaitu Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel menyatakan siap untuk mendonasikan buka dalam kegiatan ini,” bebernya.
Rusdin mengajak bagi semua yang ingin membagikan ilmu pengetahuan kepada anak-anak di pegunungan meratus, mari donasikan buku layak bacanya langsung ke Sekretariat Organisasi Balangan Peduli di Jl. A. Yani KM 0 Rica No. 125 Kelurahan Paringin Timur RT I Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan.
“Bagi masyarakat yang berada diluar Balangan bisa menghubungi melalui akun Facebook Balangan Peduli dan Istagram Balangan Peduli atu langsung menghubungi saya dinomor 082153333331,’’ pungkasnya. (metro7/sugi)