Pelatihan Pembuatan Busa Bantal Lateks se-Kabupaten Balangan

0
51

Dalam beberapa bulan terakhir ini harga karet di Indonesia terus mengalami penurunan bahkan lebih dari 50%, hal ini juga terjadi di Kabupaten Balangan yang merupakan salah satu wilayah pembinaan CSR Pama Adro. Tentu saja hal ini juga langsung mempengaruhi kehidupan perekonomian sebagian besar warga masyarakat Kabupaten Balangan yang menggantungkan hidupnya dengan berkebun karet. Menyikapi hal itu, PT. PAMAPERSADA NUSANTARA distrik Adaro bekerjasama dengan Pusat Penelitian Karet Bogor mengadakan pelatihan untuk para petani karet di Kabupaten Balangan dengan tema ”Pelatihan Alih Teknologi Pembuatan Busa Bantal Lateks Bagi Petani Karet Binaan Kabupaten Balangan”. Tujuannya adalah agar dapat memberikan nilai tambah bagi nilai jual karet, sehingga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian para petani karet. Pada hari Selasa & Rabu, tepatnya 25-26 Agustus 2015 PT. PAMAPERSADA NUSANTARA bekerjasama dengan para ahli dari Pusat Penelitian Karet Bogor mengadakan pelatihan alih teknologi pembuatan busa bantal lateks bagi petani karet binaan Kabupaten Balangan. Pelatihan ini diadakan selama dua hari di salah satu hotel yang ada di Kabupaten Balangan. Para ahli yang datang dari Pusat Penelitian Karet Bogor diantaranya adalah Dr. Ir. Dadi R. Maspangar, Drs. Asep Burhanudin, Aos Kasasih.
Mereka berkeinginan untuk memajukan Kabupaten Balangan dengan memberikan ilmu dan pelatihan yang harapannya para petani karet dapat membuat lateks menjadi barang yang bernilai lebih tinggi. Menurut Dr. Ir. Dadi R. Maspangar, pembuatan busa bantal dari lateks ini dapat dilakukan dengan cukup sederhana karena memanfaatkan alat-alat dan bahan-bahan yang dapat dijangkau.
Pada pelatihan ini, petani karet diajarkan untuk mengolah lateks menjadi busa bantal, balon, dan juga kanebo yang biasanya digunakan untuk mencuci mobil. Dapat dilihat dari raut wajah yang terpancar, para petani karet sangat senang dan antusias mengikuti pelatihan ini. Mereka bersemangat untuk belajar dan bertanya kepada para ahli agar nantinya mereka bisa mempraktekkannya di rumah. Para ahli juga senang melihat antusias dan semangat dari para petani karet. Melalui pelatihan yang diadakan PT. PAMAPERSADA NUSANTARA ini, diharapkan petani karet binaan Kabupaten Balangan mampu membuat busa bantal lateks dengan mandiri dan kedepannya dapat bermanfaat untuk kemajuan para petani karet. (Humas PT.PAMA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here