PARINGIN – Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbang Pol) Kabupaten Balangan secara simbolis menyerahkan bantuan keuangan bagi Partai Politik (Parpol) sebesar Rp. 533.062.656 bagi Parpol yang memiliki kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balangan, pada Selasa (25/7/2017).
Dari sebelas Parpol yang menerima bantuan tersebut, PPP mendapat dana paling besar yakni, Rp. 93.993.984 sebagai partai pemenang, disusul partai Golkar Rp. 84.442.016 dan PAN Rp. 65.721.600 sedangkan Parpol yang paling sedikit menerima yakni, PDIP sebesar Rp. 19.393.920.
Kepala Kesbang Pol, HefnieEffendie mengatakan, besara bantuan kepada Parpol ini dihitung dari jumlah perolehan suara sah tiap Parpol yang memiliki kursi di DPRD Balangan.
“tiap suara sah yang diperoleh dihargai sebesar Rp. 8.064. jadi total bantuan yang didapat partai sesuai dengan jumlah suara sah yang didapatnya dikalikan dengan harga per suara,’’ ungkapnya.
Harga Rp. 8.064 sendiri kata Hifnie, sesuai dengan aturan yang berlaku salah satunya berdasarkan dari jumlah pemilih, dimana semakin banyak jumlah penduduk biasanya besaran bantuan per suara nominalnya semakin rendah.
Selain itu, Hifnie mengingatkan, agar para Parpol penerima bantuan keuangan ini agar bisa mempertanggung jawabkan penggunaan dana yang diterima.
“Sebulan setelah tahun anggaran 2017 berakhir, Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) sudah harus diserahkan karena akan langsung diperiksan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK),’’ ungkapnya.
Untuk itu, dirinya mengingatkan, agar Parpol benar-benar mengunakan dana bantuan tersebut sesuai peruntukannya sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagr i) nomor 6 tahun 2017 tentang tata cara pengguunaan keuangan parpol.
“Jadi dengan Permendagri itu dijelaskan untuk apa saja. Karena anggaran parpol itu 60 persenya untuk pendidikan politik dan sisanya untuk kepentingan parpol lainya,” pungkasnya. (metro7/sugi)