Data Oramas dengan Jemput Bola

0
67
H. Muslim Raharjo, SPd, MAP

TAMIANG LAYANG – Program kerja tahun 2017 ini, yang sudah dilaksanakan oleh pihak Badan Kesbangpol Kabupaten Barito Timur, yaitu telah melakukan kunjungan jemput bola ke ormas-ormas baik itu ke pengurus partai politik maupun ke lembaga lainnya.
Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Bartim H. Muslim Raharjo, SPd, MAP ketika ditemui Metro7 dikantornya belum lama tadi mengatakan, pihaknya sudah melakukan pendataan dengan jemput bola ke ormas-ormas dan lembaga masyarakat yang masih aktif dan legal keberadaannya.
“Kami langsung datang ketempat mereka melakukan kunjungan serta pendataan, sambil menginpentarisir tentang keberadaan partai politik yang ada di Kabupaten Bartim ini, dan melihat langsung sejauh mana kegiatan mereka selama ini, karena tidak lama lagi yaitu tepatnya tahun 2018 mendatang kita akan melaksanakan pesta Demokrasi Pilkada,”ungkap Muslim.
Selain pada Parpol, juga melaksanakan inventarisir kepada ormas serta LSM dan pendataan orang asing yang ada di Kabupaten Bartim ini, dari hasil pendataan yang ada kebanyakannya orang asing yang ada saat ini, berada di wilayah Perusahaan Tambang dengan paspor tenaga kerja.
Muslim juga menambahkan, menurut undang-undang nomor 7 tahun 1981, tentang wajib lapor ketenagakerjaan, untuk wilayah Kabupaten Bartim Provinsi Kalteng, Perusahaan yang terdata untuk jumlah tenaga kerjanya yaitu PT Eka Dharma Jaya Sakti bidang pertambangan dengan jumlah tenaga kerja 64 orang pada 16 juni 2017, serta PT United Tractor bidang pertambangan jumlah tenaga kerja yang terdata sebanyak 16 orang pada 17 maret 2017.
“Selain itu juga PT Prasmanindo Boga Utama bidang catering makanan jumlah tenaga kerja 6 orang pada 30 Agustus 2017, dan PT Lintas Kalimantan Utama bidang pertambangan dengan jumlah tenaga kerja yang terdata 127 orang pada 25 januari 2017,” jelas mantan Kadis Pertambangan Bartim ini.
Sementara itu Kabid Politik dan Kemasyarakatan Badan Kesbangpol Kabupaten Bartim. Ahamat, S,AP, menambahkan pihaknya sudah turun kelapangan melakukan pendataan agar tahu dimana tempat parpol serta ormas dan lembaga tersebut, selain itu kegiatan apa saja yang dilakukan sampai saat ini.
Masih kata Ahamat, untuk data parpol di Kabupaten Bartim, yang terdaftar dan legalitasnya lengkap ada 16 parpol, namun dari semua itu parpol yang mendapatkan bantuan dari Pemda Bartim, ada sebanyak 9 parpol karena mereka memiliki wakil rakyatnya di DPRD Bartim.
Selain itu untuk data ormas dan Lsm pada tahun 2014 dan 2015 kurang lebih 60 lembaga setelah dilakukan pendataan dan perifikasi hingga saat ini menjadi 22 lembaga saja yang benar-benar aktif dan legal keberadaanya . (metro7/all)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here