KANDANGAN – Tanam perdana bawang merah bersama Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry dengan kelompok tani Sait Kuning Desa Kapuh Kecamatan Simpur, Selasa, (25/7).
H Achmad Fikry didampingi Kepala Dinas Pertanian HSS H Fathurahman dan Guru Kapuh KH Riduan Baseri secara langsung menanam bibit bawang merah dilahan yang dikelola oleh Kelompok Tani Sait Kuning.
Dinas Pertanian Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) terus berupaya meningkatkan dan mengembangan tanaman bawang merah dilahan kering.
Kepala Dinas Pertanian HSS H Fathurahman mengatakan ada enam kecamatan di HSS yang melakukan penanaman bawang merah. Ada kecamatan Simpur, Padang Batung, Loksado, Telaga Langsat, Sungai Raya, Kalumpang dan Angkinang.
“Untuk mendorong pengembangan bawang merah dilahan kering, tahun ini diberikan bantuan bibit dan pupuk kepada kelompok tani di enam kecamatan,” kata Fathurahman.
Dari enam kecamatan itu ada total 40 hektare lahan untuk pengembangan bawang merah. Empat hektar untuk penangkaran dan 36 untuk pengembangan perluasan areal tanam.
Untuk pengembangan areal tanam bawang merah terdapat di Kecamatan Padang Batung 11 hektar, Loksado 14 hektar, Telaga Langsat ada tiga hektar, Sungai Raya enam hektar, Simpur tiga hektar dan Angkinang tiga hektare.
Setiap kelompok tani mendapatkan bantuan bibit bawang merah 800 kg/hektar, pupuk 100 kg/hektar, dan alat pertanian berupa hand traktor.