Balangan Gelar Jambore Penjat Tebing Se Kalsel

0
57

PARINGIN – Menyambut dan memperingati HUT ke- 72 Kemerdekaan RI tahun 2017 pada 17 Agustus mendatang Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Balangan bersama dengan FPTI Kalsel akan mengelar Jambore Panjat Tebing Banua.
Jambore panjat dengan media tebing alam perdana di Kalsel ini, akan dilaksanakan Desa Sungsum Kecamatan Tebing Tinggi tepatnya di kawasan goa Sungsum yang merupakan kawasan karst.
Ketua panitia pelaksana Rikhy kurniawan mengatakan, kegiatan diharapkan momentum bagi generasi muda khususnya para pegiat olahraga panjat tebing untuk bisa kerja sama dalam menjaga nasionalisme dan memajukan potensi wisata khususnya wisata petualangan.
Hal ini, kata Riky, tidak terlepas dari potensi kawasan karst yang ada di Kalsel secara umum maupun Balangan acara khususnya bisa dijadikan media panjat tebing.
“Lewat kegiatan ini kami juga berusaha untuk memperkenalkan goa Sungsum sebagai objek wisata alam secara lebih luas,” ujar Riky, Senin (30/7/2017).
Karena selama ini, lanjut Riky, keberadaan objek wisata goa Sungsum sangat sangat menantang dan potensial untuk dijadikan media panjat dan dijadikan obyek wisata petualangan karena lokasinya yang strategis dekat dengan sungai.
Selain itu, menurut dia, kawasan goa Sungsum memiliki camping ground yang luas di dukung infrastruktur jalan yang bagus menuju lokasi dari ibu kota kabupaten Balangan.
“Dalam kegiatan ini nantinya, kita akan mengundang seluruh pengiat olahraga panjat tebing se Kalsel serta melibat masyarakat sekitar dan juga masyarakat,” pungkasnya. (metro7/sugi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here