Syaiful Arif Pimpin HIPMI Balangan

0
52

PARINGIN – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Balangan mengelar Musyawarah Cabang (Muscab) II untuk memilih Ketua baru dan kepengurusan baru, dalam rangka menyongsong masa depan pengurus baru yang mumpuni dalam memimpin Organisasi Pengusaha Muda tersebut.
Dalam Muscab tersebut, Syaiful Arif terpilih secara aklamasi sebagai Ketua HIPMI Balangan periode 2017/2017. Syaiful Arif sendiri, sebelumnya merupakan sekretaris HIPMI Balangan periode sebelumnya dan salah satu putra terbaik Balangan yang selamana ini sebagai salah satu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Bumi Sanggam.
“Alhamdulillah ini merupakan amanah dari kawan-kawan dan tanggung jawab berat yang harus saya terima. Kepercayaan dan amanah inilah yang akan saya jadikan motivasi ebih untuk memberikan yang terbaik bagi Balangan lewat HIPMI,’’ ujar Arif sesaat setelah terpilih sebagai ketua HIPMI Balangan.
Selama ini, menurut Arif, UMKM di Balangan masih terkesan stagnan dan jalan di tempat, meskipun jumlahnya tiap tahun bertambah. Untuk itu, peran pemerintah pun dituntut harus lebih ekstra dalam mendukung para pelaku UMKM sebagai sector ekonomi masyarakat.
Karena selama ini, lanjut dia, permasalahan di dunia UMKM Balangan antaranya yaitu manajerial, pemasaran, keuangan dan sarana industri. Disisi lain, ini program kerja pemerintah daerah setempat hanya sebatas pada pelatihan pelaku UMKM, dan belum menyasar pada bantuan di pemasaran dan lainnya.
“Seharusnya setelah dilatih para pelaku UMKM ini terus diberi dukungan jangan dilepas begitu saja, tanpa ada pembinaan lebih lanjut tentang manajerial apalagi pemasaran,” ungkapnya.
Kebijakan inilah, menurut dia, yang harus dirubah dan perlu peran lebih dari pemerintah. Kalau untuk keuangan sekarang sudah ada kerja sama dengan perbankan, jadi mungkin bukan kendala lagi, tapi untuk pemasaran dan lainnya perlu peran pemerintah yang lebih maksimal lagi.
“Kami di HIPMI tentu akan terus berusaha memajukan perekonomian Balangan lewat para pengusaha Muda, sejauh ini anggota HIPMI Balangan baru sekitar 25 sampai 30 orang. Untuk mencetak pengusaha-pengusaha muda lokal, maka harus ada peran serta baik pemerintah maupun perusahaan salah satu caranya, memberikan kesempatan lebih bagi mereka para pengusaha pemula untuk berkembang,’’ pungkasnya. (metro7/sugi)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here