TAMIANG LAYANG –

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bartim, Ir H Riza Rahmadi MM

Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah mendukung program Kementerian Pertanian diantaranya Sapi Indukan Wajib Bunting (SIWAB) pada tahun 2017.
Kepala Dinas Pertanian, Ir H Riza Rahmadi MM mengatakan dalam mendukung program Kementerian tersebut pihaknya menyediakan indukan sapi betina siap ternak sebanyak 301 ekor sapi, dikumpulkan dari 199 orang peternak sapi se-Kabupaten Bartim.
Masih kata Riza tujuan dari program SIWAB dari Kementerian tersebut yakni dari 301 sapi betina yang penyuntikan inseminasi buatan (IB) dilakukan terbanyak pada tiga desa yakni Desa Tangkum Kecamatan Raren Batuah dengan jumlah 60 ekor sapi, serta Desa Sumber Rejo Kecamatan Pematang Karau sebanyak 46 ekor dan di Desa Trans Siong Kecamatan Paju Epat sebanyak 45 ekor.
“Untuk penyuntikannya akan dilakukan tenaga teknis dari dinas pertanian sebanyak 6 orang dan 2 orang dari swadaya masyarakat yang telah mengikuti pelatihan di Kementan,” kata Riza.
Mantan kepala Disnakertrans itu juga menegaskan, penyuntikan IB untuk sapi betina harus selesai dengan waktu paling lama tiga bulan. “Kita targetkan penyuntikan IB selesai minimal 90 hari atau tiga bulan,” pungkas Riza Rahmadi. (all/metro7)