TANJUNG – Bupati Tabalong H.Anang Syakhfiani, Selasa (08/08) tadi menyerahkan secara simbolis beasiswa kepada 189 orang pelajar/mahasiswa Tabalong. Penyerahan secara simbolis dilakukan di aula Wisma Pendopo Bersinar Tanjung itu disaksikan Kepala Dinas Pendidikan H.Marzuki Hakim, Kepala Bappeda H.Erwan.
Penyerahan pemberian beasiswa yang terdiri beasiswa untuk penulisan skripsi, beasiswa berprestasi, beasiswa tidak mampu, beasiswa kedokteran umum, IBI dan hewan, beasiswa yang kuliah di luar negeri (Cina dan Timur Tengah) serta bantuan untuk mahasiswa program Pasca sarjana.
Bupati Tabalong H.Anang Syakhfiani dalam sambutannya dihadapan para penerima beasiswa dan orang tua/wali murid yang mewakili mengatakan bantuan beasiswa ini merupakan langkah maju bagi daerah. Sebab sebelumnya tidaklah sebanyak ini putra-putri Tabalong yang berkesempatan melanjutkan studi ke perguruan tinggi yang diberikan beasiswa.
“Dulu tidak sampai mencapai 100 orang, pemerintah kabupaten Tabalong tidak akan berhenti sampai disini saja, bahkan kalau bisa tahun depan mencapai 200 orang,” katanya.
Ada perkembangan yang terjadi luar biasa di daerah ini, yang mana dulu angka harapan lama sekolah dan angka rata-rata lama sekolah kabupaten Tabalong berada di peringkat ke 10 di Kalimantan Selatan oleh sebab itu pada tahun 2004 sampai tahun 2008 lebih dari 54% orang Tabalong pendidikannya SD kebawah dan hanya sekitar 30% SMP sederajat dan yang
SMA sederajat hanya 7% yang kuliah 1-2% saja.
“Syukur Alhamdulillah pada hari ini peringkatnya meningkat tajam dimana angka harapan lama sekolah dan angka rata-rata lama sekolah di Tabalong meningkat tajam, bahkan mendekati angka Nasional, ini artinya tumbuhnya kesadaran yang tinggi untuk menyekolahkan anak-anaknya dan memang harusnya seperti itu, tidak ada lagi alasan bagi kita tidak menyekolahkan anak lantaran tidak ada biaya, tidak ada alasan tidak menyekolahkan anak lantaran tidak bisa bayar sekolah,” katanya
Kalau untuk bantuan penulisan skripsi untuk siswa yang berprestasi sudah lama dilakukan. Tetapi ada lagi yang baru yang dimulai tahun ini untuk anak-anak yang lulusan SMA sederajat khususnya bagi keluarga yang tidak mampu tapi anaknya cerdas sejak awal akan dibantu oleh pemerintah daerah.
Program yang baru ini begitu anak masuk SMA/sederajat indeks prestasinya masuk sepuluh besar akan dibantu oleh pemerintah daerah.
“Kenapa hal ini harus kita lakukan yang angka 1-2% tadi harus, kita jadikan 10% orang Tabalong berpendidikan tinggi, kalau tidak kita lakukan, maka kita akan dilindas oleh kemajuan dan modernisasi,”kata Bupati H.Anang Syakhfiani. (metro7/via)