Wabup Serahkan Kunci Kegiatan Renovasi Rumah

0
52

TANAH BUMBU – Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor menyerahkan secara simbolis kunci rumah hasil dari kegiatan Renovasi Rumah warga kurang mampu. Kunci diserahkan Kamis, (3/8) di Desa Salimuran Kecamatan Kusan Hilir.
Adapun penerima kegiatan Renovasi Rumah yaitu, nenek Muli (55 tahun) warga Desa Salimuran RT 6 Kecamatan Kusan Hilir.
Dari pantauan dilapangan, rumah yang dulunya sangat memprihatinkan, kini rumah sudah termasuk kedalam kategori layak huni. Dinding rumah yang semula berlubang dan atapnya yang bocor kini tak terlihat lagi. Bahkan dinding diberi warna sehingga rumah tersebut menjadi menarik dan enak dipandang mata.
Sebelum direnovasi, rumah nenek Muli kondisinya sangat memprihatinkan. Rumahnya hanya sebagian memiliki dinding dan sebagianya lagi tidak berdinding yang hanya ditutupi terpal saja. Penghasilan Nenek Muli hanya diperoleh dari anak-anaknya yang sudah bekerja. Nenek Muli sudah tidak dapat lagi bekerja karena kondisinya yang kurang sehat.
Renovasi rumah ini merupakan bentuk perhatian pemerintah daerah kepada warga kurang mampu untuk bisa memiliki rumah layak huni dan hidup sehat. Adapun renovasi rumah ini dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Sosial Tanah Bumbu.
“Kegiatan Renovasi Rumah merupakan swadaya dari Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu yakni sisa-sisa bahan stand expo pembangunan Tanah Bumbu yang masih layak pakai,” sebut Kepala Dinas Sosial Tanah Bumbu, Basuni.
Ia menambahkan, untuk pengerjaan renovasi rumah dilaksanakan selama 20 hari dan saat ini sudah bisa ditempati dan sangat layak huni.
Basuni juga mengucapkan terimakasih kepada SKPD terkait dan seluruh pihak yang telah terlibat dan membantu kegiatan renovasi rumah sehingga dapat terlaksana dengan baik.
Sementara itu, Wakil Bupati Tanah Bumbu, H. Sudian Noor, mengatakan renovasi rumah bagi warga kurang mampu ini untuk membantu warga agar memiliki tempat tinggal yang layak huni baik dari segi kesehatan dan lingkungan yang baik.
Suka cita dirasakan oleh Nenek Muli. Ia mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah yang telah membantu dan telah memperhatikan warga kurang mampu agar memiliki rumah layak huni.
“Sekarang rumah kami sudah lebih dari layak huni,” ujar Nenek Muli.
Selain renovasi rumah, Nenek Muli juga menerima bantuan dana dari Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor. Kemudian juga menerima bantuan dari Kantor Ketahanan Pangan Daerah Tanah Bumbu, Dinas Kesehatan, Dinas Perikanan, dan Kecamatan Kusan Hilir berupa tong air, kelambu, kasur, 10 ekor ayam, dan bibit ikan patin. (metro7/gt suriansyah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here