TANJUNG – Ratusan pemuda pelajar dan mahasiswa di kabupaten Tabalong diberikan kesempatan mengikuti kegiatan pelatihan dan seminar kepemimpinan yang digelar Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD-KNPI) Kalimantan Selatan pada Kamis (24/08) di gedung Pusat Informasi Pembangunan Tanjung.
Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh staf ahli bidang pembangunan Setda Tabalong H.Aberani Abrar itu dengan mengangkat tema “Menumbuhkan mental kepemimpinan berdasarkan budaya lokal yang berwawasan global”.
Sedangkan narasumber Fery Mahdian Furkhan dari DPD KNPI propinsi Kalimantan Selatan dan Suriani dari DPD KNPI kabupaten Tabalong.
Ketua panitia pelaksana kegiatan Setiawan dalam laporannya mengatakan kegiatan pelatihan dan seminar kepemimpinan bagi pemuda-pemudi di Tabalong terselenggara atas kerjasama DPD KNPI Kalimantan Selatan dengan DPD KNPI kabupaten Tabalong.
Dengan jumlah peserta yang dilibatkan sebanyak 110 orang peserta yang terdiri 10 orang masing-masing sekolah SLTA dan 10 orang dari BEM-STIA Tabalong.
Sementara itu Ketua DPD KNPI Kalimantan Selatan Hasan Ismail dalam sambutannya mengharapkan agar kegiatan ini jangan hanya dijadikan kegiatan seremonial saja akan tetapi besar harapannya pelaksanaan kegiatan kali ini bisa menjadi sejarah hidup masing-masing, baik ilmu maupun pengalaman yang diharapkan pula dengan ilmu dan pengalaman nanti bisa dijadikan modal untuk kedepan dalam mengejar cita-cita dan apa yang menjadi harapan.
Ia menambahkan betapa pentingnya ikut dalam sebuah organisasi apalagi di era kompetisi sekarang ini dimana harus mampu bersaing dengan tenaga-tenaga kerja dari luar, dengan meningkatkatkan sumber daya manusia (SDM) untuk menyiapkan satu generasi yang siap hadapi tantangan di kemudian hari.
Bupati Tabalong H.Anang Syakhfiani dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan staf ahli H.Aberani Abrar berharap kegiatan ini sebagai wadah berkiprahnya para pemuda KNPI diharapkan tetap konsisten terhadap perjuangan dan pembangunan bangsa, oleh karena itu orang-orang yang
tergabung dalam organisasi kepemudaan harus terus menerus berupaya menempa diri dengan sebaik-baiknya sehingga kedepan akan menjadi tokoh-tokoh pemuda yang semakin matang dan banyak pengalaman.
“Hal ini saya sampaikan karena disadari atau tidak, disadari saudara-saudara yang tergabung dalam organisasi kepemudaan telah menjalani banyak ujian dan tantangan, dari situlah proses penempaan ini berlangsung terus menerus tanpa henti yang pada akhirnya menjadikan saudara-saudara sebagai sosok yang kaya hati, kaya ilmu dan kaya pengalaman, kesemuanya itu tentu akan sangat berguna bagi saudara-saudara dalam menapaki masa depan,” katanya.
Secara terpisah Ketua DPD KNPI Kalimantan Selatan Hasan Ismail didampingi Ketua DPD KNPI kabupaten Tabalong Renaldi kepada wartawan mengatakan kegiatan pelatihan dan seminar kepemimpinan yang dilaksanakan merupakan program kerja DPD KNPI Kalimantan Selatan dan
juga amanah dari hasil kerja rapat daerah DPD KNPI untuk melakukan kaderisasi dan regenerasi organisasi kepemudaan yang ada di Kalimantan Selatan dengan target setiap kegiatan di tiap kabupaten minimal 100 orang peserta yang diambil dari kalangan pemuda pelajar maupun mahasiswa sebagaimana amanat dari Undang-Undang kepemudaan, karena batas usia
pemuda itu adalah 16-30 tahun sehingga sigmentasi yang paling tepat adalah pelajar dan mahasiswa ini haruslah dijaga dan dikembangkan, karena masa depan bagi daerah ini adalah di tangan mereka. (metro7/via)