BANJARBARU – Wilayah Polsek Aluhaluh sebagai bagian dari kawasan Polres Banjarbaru juga dilalui jalur air, sepanjang anak sungai Kecamatan Aluhaluh.
Pengamanan dan ketertiban tak sebatas di daratan, jalur air juga jadi perhatian.
Kapolsek AKP Suroto beserta anggota Polsek Aluhaluh menjelajahi sungai guna mengamankan wilayah perairan yang ada di wilayah hukumnya.
Giat ditingkatkan untuk menindakkanjuti banyaknya laporan yang diterima dari masyarakat tentang maraknya tindakan ilegal fishing di wilayah Polsek Aluhaluh.
“Dalam pelaksanaan patroli air tersebut, bertujuan untuk meminalisir tindak pidana yang dilakukan diperairan,” katanya.
Dia menyampaikan, sepanjang anak sungai itu terkadang masih ada masyarakat yang masih melakukan penangkapan ikan dengan menggunakan alat setrum.
“Setelah dilaksanakan giat patroli belum ditemukan adanya kejadian ataupun kegiatan masyarakat yang menangkap ikan menggunakan alat setrum,” kata dia
Namun, kegiatan tetap dilanjutkan dengan memberikan imbauan kepada masyarakat karena mayoritas masyarakat aluhaluh mata pencariannya adalah nelayan.
Imbauan berupa larangan menangkap ikan dengan cara menyetrum, menggunakan bahan peledak, bahan kimia karena dapat merusak ekosistem yang ada di perairan.
Masyarakat juga diminta berperan aktif dan tidak segan-segan melaporkan apabila ada warga masyarakat yang melakukan kegiatan ilegal fising.
“Kami siap tindak tegas, demi kelestarian sungai dan ekosistem sungai, mari kita lawan bersama segala bentuk ilegal fishing,” kata dia. (metro7)