PARINGIN — Musibah kebakaran kembali menimba Kabupaten Balangan, kali ini Tiga buah rumah warga Desa Tabuan RT 1 Kecamatan Halong yakni, milik H. Sadri (80), Yaniansyah (60) dan M.Rafiani (45) luluh lantak dilahap si Jago Merah, Selasa (12/9). 
 Kebakaran yang terjadi sekitar jam 16.10 wita ini, baru diketahui saat korban M. Rafiani ada mendengar orang berteriak Api, kemudian mendatangi asal teriakan tersebut yang ternyata berasal dari rumah H. Sandri, melihat adanya api, M. Rafiani langsung melakukan pertolongan terhadap istri H. Sandri (yang mana istrinya lumpuh).

Setelah berhasil menyelamatkan istri H. Sandri kemudian bersama dengan warga yang lain mencoba untuk memadamkan api namun api semakin membesar dan akhirnya api menyambar rumah Yaniansyah dan rumah M. Rafiani.

Setengah jam berselang, beberapa unit tim pemadam kebakaran tiba dilokasi, karena terlambat dan kurangnya armada pemadam, api baru bisa dipadamkan sekitar jam 17.00 Wita oleh petugas Pemadam Kec. Halong, Kec. Juai, Kec. Paringin dan BPBD Kab. Balangan yang datang membantu.

Menurut Kasi kedaruratan di BPBD Kabupaten Balangan Muhammad Syuhada, kebakaran berawal dari rumah H. Sandri saat yang bersangkutan sedang pergi Salat di Langgar dekat rumahnya.

“Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, meskipun ada satu warga Duan yang kena luka bakar saat memberikan pertolongan. Tapi luka bakar tidak parah sedangkan kerugian belum bisa kita taksir saat ini,” bebernya.

Terpisah, Kapolsek Halong AKP Toto Herryanto membenarkan kejadian musibah kebakaran tersebut.

“Sebanyak Tiga buah rumah habis terbakar, untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan Polsek Halong,” pungkasnya. (Metro7/sugi)