METRO7.CO.ID, AMUNTAI – Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kembali terjadi di Kabupaten Hulu Sungai Utara.
Kali ini, lahan yang terbakar berada di areal lapangan Golf Air Tawar Desa Air Tawar Kecamatan Amuntai Utara, Jumat (15/9/2017).
Beruntung kebakaran yang terjadi diatas lahan semak belukar ini tidak sempat meluas karena bisa segara dipadamkan oleh Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) dari HSU maupun dari Kecamatan Pugaan dan Kelua Kabupaten Tabalong yang dibantu oleh anggota Polsek Amuntai Utara yang dibantu warga sekitar.
Menurut Kapolsek Amuntai Utara IPTU Teguh Budiyuwono, setelah mendengar ada laporan kebakaran lahan, pihaknya langsung ke lapangan guna membantu memadamkan.
Bersyukur kata dia, dengan kesigapan anggota, BPK dan masyarakat musibah kebakaran lahan ini segara bisa teratasi.
“kesiagapan masyarakat untuk menanggulangi musibah kebakaran ini tidak lepas dari hasikl seringnya kita mensosialisasikan antisipasi Karhutla,” bebernya.
Dirinya dan jajaran, kata Teguh, sangat beterima kasia atas peran serta dan kerjasama kekompakan pihak BPK dan masyarakat yang dengan sigap dan cepat bisa mengatasi kebakaran lahan ini sehingga tidak meluas.
Sedangkan salah seorang warga sekitar, Sahlan Ugis mengatakan, lokasi yang terbakar merupakan lahan semak belukar, diareal lapangan golf milik pemkab HSU.
Ia memperkirakan, kebakaran terjadi karena cuaca panas beberapa hari ini mengakibatkan semak belukar tersebut kering dan terjadi kebakaran.
“Makanya kita harus hati-hati. Kalau tidak, membuang puntung rokok sembarangan saja bisa menyebabkan kebakaran,” pungkasnya. (Metro7/Yusuf)