METRO7.CO.ID, Amuntai- Kursi anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) ternyata cukup menarik minat masyarakat untuk mendudukinya.
Tingginya minat warga untuk menjadi wakil bagi warga lainnya ini, terjadi di Desa Pajukungan Hulu Kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), dimana ada 14 orang yang ikut bersaing dalam pemilihan, memperebutkan 4 kursi anggota BPD desa tersebut, Sabtu (23/09/17).
Ketua Panitia Pemilihan anggota BPD Desa Pajukungan Hulu Ahmad Gafuri mengungkapkan, proses pemilihan anggota BPD yang dilakukan pihaknya ini sudah sesuai dengan mekanisme yang ada. Dimulai dengan penjaringan bakal calon, pembentukan panitia hingga rapat merumuskan proses pemilihan.

“Yang mendaftarkan menjadi calon BPD sebanyak 14 orang, setiap RT ada calon dan ditambah keterwakilan perempuan,” ujarnya.
Untuk persyaratan pencalonan, lanjut dia, sesuai dengan aturan yang berlaku seperti, foto copy ijazah minimal SLTA atau Paket C, syarata, kartu keluarga (KK). Bila terpilih, baru calon tersebut memeriksakan kesehatan dan tes narkoba hingga pembuatan SKCK dari kepolisian.
“Dengan semua aturan yang sudah kami penuhi, maka pelaksaan pemilihan BPD ini sudah sesuai dengan ketentuan. Khusus keterwakilan perempuan, ada surat suara khusus sehinggga masyarakat bisa memilih calon keterwakilan perempuan sesuai keinginan,” jelasnya.
Sedangkan untuk jumlah pemilih, Gafuri merinci, di RT 1 sebanyak 103 orang, RT 2 107 orang, RT 3 109 orang dan RT 4 88 orang pemilih, perempuan sebanyak 302 pemilih.
Sementara itu, setelah selesai proses penghitungan hingga sore hari, yang terpilih di RT 1 Susi Hadayani, RT 2 Arif Rahman, RT 3 H Maslian dan RT 4 Muhdi, khusus perempuan Hj Fathul Janah. (Metro7/Yusuf)