METRO7.CO.ID, PARINGIN – Untuk lebih memberikan pengetahuan tentang Pemilu SMAN 1 Paringin mengirimka 92 pelajarnya berkunjung ke Kantor KPU Kabupaten Balangan, untuk belajar tentang kepemiluan di Rumah Pintar Pemilu “Benteng Tundakan”, Selasa (26/9/2017).
Selain berkunjung, siswa-siswi ini juga diberikan pengetahuan terkait pelaksanaan kepemiluan oleh Komisioner KPU Kabupaten Balangan.
Guru pendamping siswa, Nazlaty Rakhmi mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada para anak didiknya agar mengetahui mekanisme pemilu sejak dini.
“Karena pada pemilu yang akan datang, para siswa ini sudah dapat memberikan hak suaranya,” ujarnya.
Selain itu, lanjut dia, dengan berkunjung langsung ke KPU para siswa bisa tahu bagaimana proses pemilu yang merupakan aktualisasi kehidupan demokrasi yang berjalan selama ini.
“Kita ingin alam demokrasi khususnya pelaksanaan pemilu ini benar-benar bisa dimengerti dan dipahami oleh genarasi muda ini,” harapnya.
Dalam kesempatan sama, ketua KPU Kabupaten Balangan, H Usman M mengatakan bahwa pengenalan proses pemilu sangat penting untuk dilakukan kepada pemilih pemula, terutama bagi yang baru berusia 17 tahun.
“Suara para pemilih pemula ini sangat penting, karena dapat menentukan pemerintahan selanjutnya dan meningkatkan kesejahteraan hidup bangsa,” ujarnya.
Adapun materi sosialisasi yang disampaikan oleh Komisioner KPU Kabupaten Balangan adalah pengenalan sistem Pemilu, manfaat dan arti penting Pemilu serta tahapan Pemilu.
Materi disampaikan secara interaktif diselingi dengan permainan agar siswa-siswi tidak merasa bosan ,dan bagi siswa-siswi yang dapat menjawab pertanyaan dari narasumber diberikan bingkisan dari KPU Kabupaten Balangan.
Setelah materi selesai disampaikan, para siswa selanjutnya berkunjung ke dalam Rumah Pintar Pemilu “Benteng Tundakan”. Di RPP ini disediakan informasi mengenai sejarah Pemilu dari masa ke masa, profil penyelenggara Pemilu, tahapan penyelenggaraan pemilu dan maket / miniatur Tempat Pemungutan Suara (TPS). (Metro7/Sugi)

BACA JUGA : Cegah Tindak Asusila Sejak Dini