METRO7.CO.ID, Paringin- Sebanyak 24 calon Kepala Desa (Kades) dari dua Kecamatan yakni Kecamatan Paringin dan Paringin Selatan menggelar Silaturahmi dan deklarasi damai untuk perhelatan pemilihan kepala desa serentak mendatang, Kamis (28/9/2017) di aula kantor Kecamatan Paringin.
Acara deklarasi damai ini, menurut Camat Paringin Arbian Arifein, digelar untuk menyelamatakan semua para calon dan masyarakat dalam menghadapi persiapan pilkades. Supaya tidak terjadi misskomunikasi yang berujung mengganggu kondusifitas wilayah.
Lewat deklarasi damai, kata Arbain, dirinya sebagai penanggung jawab pelaksanaan Pilkades serentak ini, menyampaikan tatacara pelaksanaan Pilkades serta untuk mempererat jalinan silaturahmi antar para calon.

“Kita kawal dengan pernyataan damai , kami ingin menciptakan pelaksanaan pilkades dari awal sampai akhir tetap kondusif untuk itu sekalipun tidak dianggaran tetapi deklarasi damai dibolehkan,” tungkasnya.
Sedangkan, Kapolsek Paringin IPTU Cahyo Budi Widodo, mengajak para calon bersama-sama menjaga kelancaran pelaksanaan pilkades ini. “kelancaran Pilkades ini menjadi tanggung jawab kita bersama,” katanya.

Untuk itu, kata dia, semua pihak harus menjaga suasana kondusif khususnya para calon mengingatkan para calon memiliki tim sukses. Tim susksenya dijaga agar jangan bertindak berlebihan. Calon perlu menegur timses yang dapat menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban.
“Saya yakin para calon orang pilihan bisa menciptakan kondusifitas di wilayah masing-masing,” pungkasnya. (Metro7/sugi)