METRO7.CO.ID, Paringin- Arya Fasha Iswanda dan Dwi Aprilia Sari Dwi menjadi pemenang Nanang dan Galuh (Naga) Balangan, pada acara grand final Pemilihan Naga Kabupaten Balangan tahun 2017, yang digelar pada Sabtu (7/10/2017) di Gedung Sanggam Paringin.
Sedangkan wakil I Naga diberikan kepada Budi Ilhami dan Reza Nadia Paramita, Nanang Galuh wakil II M Nuruddin dan Nanda Rusdiana sedangkan Nanang Galuh wakil III M Nawardi dan Putri Susanti.
Sedangkan dua pasangan Nanang Galuh lainnya, Arif Rahman Hakim dan Siti Fatimah Az Zahra, M Fahri Amrullah dan Shella Rahmadani masing-masing menjadi Nanang Galuh IV dan V.
Selain itu, pasangan Nanang Galuh Budi Ilhami dan Reza Nadya Paramitha menjadi pasangan Nanang Galuh Favorit Kabupaten Balangan tahun 2017 serta ada duta berbakat Nanang Galuh Balangan yang disematkan kepada, Muhammad Nawardi.
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Balangan, Rody Rahmadi Noor mengungkapkan, dengang gelaran grand final ini maka proses pemilihan Nanang Galuh Balangan tahun 2017 telah usai.
Pemilihan duta wisata ini, sendiri kata Rody, dimulai sejak bulan juni lalu dengan berbagai tahapan mulai dari pendaftaran hingga tes wawancara serta sebagainya.
“Kita berharap gelaran rutin ini selai dapat memancing rasa cinta para peserta pada seni budaya daerah yang harus dilestarikan sebagai identitas kita. Tentunya nantinya, keberadaan Nanang Galuh ini mengakat dunia pariwisata di Balangan,” bebernya.
Selain itu, Rodya berharap, ke depan peranan Nanang Galuh lebih dioptimalkan lagi dalam turut mempromosikan pariwisata, seni serta budaya lokal secara khusus dan daerah secara umum agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.
Mengenalkan daerah, lanjut Rody sangat penting terkait pengembangan daerah khususnya berkaitan dengan agar potensi daerah yang pengembangannya bisa berhubungan dengan investor.
“Kalau orang tidak kenal daerah kita bagaimana kita bisa menarik minat orang berkunjung ke daerah kita. Mengenalkan daerah inilah yang menjadi tanggung jawab kita bersama khususnya bagi para Nanang Galuh yang menjadi duta wisata,” pungkasnya. (Metro7/Sugi)