METRO7.CO.ID, Tanjung- Dari 33 Cabang Olahraga ( Cabor) yang dipertandingan pada ajang Pekan Olahraga provinsi ke x (Porprov) Kalimantan Selatan (kalsel).
Kabupaten Tabalong, salah satunya adal Cabor Panjat Tebing.
Olahraga yang erat kaitannya dengan ketinggian tersebut, kali ini diikuti oleh 151 atlet dari 11 kabupaten kota se Kalsel.
Ke 151 atlet ini, akan memperebutkan total 84 medali, yang terdiri dari 27 medali emas, 26 perak dan 32 perunggu.
Minggu (8/10) kemarin, pertandingan panjat tebing mulai dilaksanakan di kompleks Stadion Pembataan, Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong.
Pelatih atlet panjat tebing kontingen Kabupaten Balangan, M Syuhada mengatakan, meskipun ini adalah keikutsertaan perdana Balangan dalam Porprov, namun pihaknya tetap menargetkan setidaknya membawa pulang satu medali meskipun itu hanya mendali perunggu.
“Semua nomor yang dipertandingkan kita ikuti. Total ada 11 atlet yang kita boyong, kita optimis bisa meembawa mininal satu mendali,” bebernya.
Selain itu, dirinya menilai, jika Kabupaten Tapin dan Kotabaru akan menjadi daerah yang paling banyak meraih mendali.
Senada itu, ofiicial cabor Panjat Tebing dari Kontingen Banjarbaru, Eman mengakui, lawan terberat pada Porprov kali ini dari Kontingen Kabupaten Tapin.
“Kendati demikian, kita tetap menargetkan empat medali emas,” ucapnya optimis.
Ketua Pelaksana Porprov ke X cabor Panjat Tebing, Husin Nafarin mengungkapkan, ada dua kabupaten yang tidak mengirimkan atlet pada cabor Panjat Tebing ini, yaitu Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Barito Kuala.
Ketua KONI Kalsel, Bambang yang memantau langsung hari pertama pelaksanaan pertandingan cabor Panjat Tebing mengatakan, atlet-atlet terbaik akan langsung pihaknya didik untuk mengikuti ajang yang lebih bergengsi lagi di tingkat nasional.
“Khusus untuk Panjat Tebing ini, kita berencana akan membangun papan panjat yang standar nasional,” pungkasnya.(Metro7)