TANJUNG – Siapapun yang melihat acara pembukaan Porprov X Kalimantan Selatan di Kabupaten Tabalong pasti berdecak kagum, sebab berlangsung dengan spektakuler dan megah di di Stadion Tabalong Bersinar, Minggu (8/10/2017) malam.
Tarian kolosan Mamuai Wanyi yang dimainkan para pelajar dan gabungan beberapa sanggar seni juga mengawali rangkaian acara pembukaan. Wanyi atau lebah ini merupakan maskot Porprov X Kalsel.
Pembukaan juga dilaksanakan defile dari masing-masing perserta 13 Kabupten kota yang menjadi kontingen Porprov X Kalsel.
Puluhan ribuan orang yang hadir, baik dari kontingen 13 kabupaten kota, tamu undangan dan masyarakat mendapatkan suguhan pemandangan yang luar biasa.
Dimana lampu dari empat penjuru lapangan dan tata cahaya membuat Stadion Tabalong Bersinar yang menjadi lokasi pembukaan, benar-benar bertabur cahaya.
Terlebih suguhan warna-warni dari kembang api juga semakin menambah semaraknya acara pembukaan. Kembang api muncul berbarengan dengan penyalaan api porprov yang muncul dari atas bagian replika monumen Tanjung Puri atau dikenal juga dengan Tugu Obor. Di sela-selanya juga muncul tulisan Porprov X Kalsel yang ditampilkan dari cahaya laser berwarna hijau.
Menandai pembukaan even olahraga empat tahunan ini juga dilakukan dengan cara pemukulan memukul alat musik kulimpat oleh Wakil Gubernur Kalsel, H Rudy Resnawan, Ketua Umum KONI Kalsel, H Bambang Heri Purnama.
Di penghujung acara giliran artis ibukota Judika dan Dewi Persik yang sengaja didatangkan ke Bumi Sarabakawa untuk memberikan hiburan lewat suara emas keduanya.
Ketua Umum Pelaksana yang juga Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani, dalam laporannya mengatakan Bumi Sarabakawa sebagai kabupatennya Provinsi Kalsel tentunya ingin melakukan yang terbaik untuk Kalsel. Oleh karena itu diharapnya momentum ini diikhtiarkan sebagai kebangkitan olahraga di Banua Provinsi Kalsel.
Disampaikannya juga, dalam pelaksanaan Porprov X Kalsel ini diikuti sebanyak 6.505 atlet dan oficial dengan menggelar 35 cabang olahraga.
Bupati Anang juga menyampaikan permohonan maaf kepada warga karena tidak semuanya bisa masuk ke dalam stadion akibat keterbatasan kapasitas.
“Namun sebagai upaya agar warga tetap bisa menyaksikan, maka kita juga telah disiapkan layar lebar dan siaran langsung melalui televisi,” katanya.
Sementara Wakil Gubernur Kalsel H Rudy Resnawan dan Ketua Umum KONI Kalsel ,H Bambang Heri Purnama, dalam sambutannya sama-sama berharap pelaksanaa porprov bisa berlangsung aman lancar dam sukses, khususnya sukses prestasi olahraga di Kalsel. Terlebih kegiatan porprov ini disebut sebagai tolak ukur pembinaan prestasi olahraga di Kalsel.
Begitupula tujuan porprov adalah untuk menggali potensi atlet banua untuk raih prestasi dan membina silaturahmi. Kemudian juga dalam rangka menghadapi PON di Papua nanti dan juga persiapan Kalsel menjadi tuan rumah PON.
“Saya apresiasi untuk tuan rumah Kabupaten Tabalong, pembukaannya sangat meriah dan penuh kebersamaan,” kata H Rudy Resnawan. (metro7/adv)