Petani Keluhkan Gulma Susupan Gunung

0
39

METRO7.CO.ID, Amuntai-Keberadaan tanaman Susupan Gunung membuat para petani padi di Desa Pajukungan Hulu Kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), gelisah.
Pasalnya, salah satu flora khas daerah rawa tersebut tumbuh berkembang kamana-kaman dan menutupi areal sawah milik warga.
“Kami sudah 2 tahun tidak bisa tanam padi, dikarenakan tanaman Susupan Gunung yang menutupi lahan untuk menanam padi,” ujar salah satu warga, pada Rabu (11/10/17) kepada Metro7.co.id
Ia mengaku, sangat bingung sekali dengan tanaman yang termasuk gulma ini karena umbuh dimana-mana dengan cepat sekali menjalar. “Padi tidak bisa tumbuh maksimal, lantaran adanya susupan gunung,” keluhnya.
Saat ini, ujarnya, warga belum menemukan obat yang tepat untuk memusnahkan tumbuhan perusak tersebut. Ia berharap dengan pemerintah, khususnya dinas pertanian bisa memberikan solusi untuk masalah ini.
Lantaran kondisi ini, lanjut dia, banyak warga yang tidak lagi bertani denga menanam padi namun mencari pekerjaan lainnya.
“Banyak warga kini bekerja sebagai mencari ikan ke daerah sekitar dan Kecamatan Danau Panggang,” pungkasnya.(Metro7/Yusuf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here