ASN Wanita Wajib Tes IVA dan SADANIS

0
68

METRO7.CO.ID, Amuntai – Semua Aparatur Sipil Negara (ASN), Wanita se Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), akan diikut sertakan dalam pemeriksaan Deteksi Dini Kanker Serviks, hal ini dalam rangka mewujudkan wanita indonesia bebas kanker melalui tes IVA dan SADANIS.
Kabid Pengedalian dan Penyakit dan Penyehatan (P2P) Dinkes Kabupaten HSU Masbudianto mengatakan, deteksi dini ini berdasarkan surat edaran Menkes RI tentang deteksi dini kanker serviks dan payudara bulan Oktober 2017.

Pemeriksaan IVA dan Sadanis ini, kata dia, dimulai dari pegawai Kejaksaan Negeri HSU, melalui ikatan Adhyaksa Dharmakarini melakukan tes Iva dan Sadani bekerjasama dengan BPJS, Dinkes HSU dan Puskemas Sungai Karias beberapa waktu lalu.
“Peserta yang mengikuti iva dan sadani dari kejaksaan ini sebanyak 55 orang,” katanya.
Ia menghimbau, kepada seluruh kaum hawa yang menjadi ASN yang berusia 30-50 tahun agar ikut memeriksakan dirinya terkait iva dan sadani ini di Puskemas terdekat se kabupaten HSU terkait.
Memang lanjut dia, sebagian kaum hawa ada yang merasa takut dan malu untuk memeriksakan Iva dan Sadanis ini, makanya untuk tahap awal diutamakan dulu ASN dan istri ASN yang memiliki BPJS.
“Jadi sasaran pemeriksaan adalah seluruh ASN yang memiliki BPJS, untuk itu kepada seluruh pegawai dilingkup Pemkab HSU untuk mengikuti deteksi dini Iva dan Sadanis di masing-masing puskesmas se HSU,” pungkasnya. (Metro7/ Yusuf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here