METRO7.CO.ID, Tanjung – Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong bekerjasama dengan PT Adaro Indonesia menggelar pasar agribisnis (pasar tani).

Digelarnya pasar tani, untuk membantu masyarakat mendapatkan produk pangan dengan harga murah serta membantu petani memasarkan produk taninya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong, H Johan Noor Effendi mengungkapkan, pasar tani ini salah satu upaya Pemkab Tabalong untuk membantu masyarakat mendapatkan harga pangan yang murah.

Selain itu, kata dia, kegiatan ini adalah bertujuan untuk bisa bisa menekan harga di pasar yang masih tinggi, sebab produk yang dijual di pasar agribisnis ini dibawah harga pasar.

“Lewat pasar tani ini, kami menyediakan fasilitas bagi petani untuk memasarkan hasil produknya,” bebernya disela kegiatan pasar agribisnis di Taman Giat Kota Tanjung, Selasa (17/10/2017).

Kedepan, lanjut Johan, kegiatan pasar agribisnis ini akan dilanjutkan. Tetapi perlu penjadwalannya dan tempatnya yang perlu diatur.

Secara terpisah Manajemen PT Adaro Indonesia melalui Indra Darwawan menjelaskan, pasar agribisnis diselenggarakan agar para petani binaan seperti perikanan, pertanian dan perkebunan dapat menunjukan langsung hasil pertanian mereka. Dengan tujuan, memberi tau kepada masyarakat bahwa petani sudah mampu memproduksi barang dengan kualitas terbaik. Mereka juga sudah mampu untuk memenuhi pesanan, justru memenuhi pesanan diluar Tabalong. Kepada masyarakat yang sudah membeli produk hasil pertanian dari luar daerah sudah ada di Kabupaten Tabalong, katanya.

Sedangkan para petani yang menjual hasil produk di pasar agribisnis merupakan tiga kolaborasi dari binaan Pemerintah Daerah, binaan YABN, dan binaan PT Adaro Indonesia.

Dalam pasar agribisnis yang didukung oleh PT Adaro Indonesia dan Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) berbagai produk hasil petani lokal Kabupaten Tabalong. (Metro7/MC Tabalong/ranmdt).