METRO7.CO.ID, Tanjung, – Puluhan pengurus masjid se kabupaten Tabalong mengikuti pelatihan hisab rukyat dengan tema “Teori dan Praktek Penentuan Arah Kiblat” yang berlangsung di Meeting Room Islamic Center Tabalong, Sabtu (21/10/2017).

Pelatihan ini diselenggarakan oleh Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tabalong bekerjasama dengan Mahasiswa Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin yang sedangkan melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kecamatan Murung Pudak.

Dalam pelatihan tersebut, para pengurus masjid mendapat pejelasan berupa wawasan tentang metode menentukan arah kiblat dengan media kompas, GPS dan Software Accurate Time.

H. Taufik Rahman selaku Pelaksana Harian Kantor Kementrian Agama menyampaikan, dengan adanya pelatihan ini diharapkan para peserta bisa menjadi pionir ahli falaq bagi Kabupaten Tabalong.

“Semoga para pengelola masjid bisa menyerap materi yang disampaikan dan mampu untuk mempraktekan di masjid-masjid yang ada di tempat kita,” harapnya.

Akhmad Syaikhu Ahli Falak UIN Antasari Banjarmasin dan Ketua Lajnah Falakiyah PWNU Kalsel yang bertindak sebagai narasumber menuturkan, bahwa pelatihan ini dilaksanakan karena berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para Ahli Falak dari UIN Antasari Banjarmasin pada tahun 2012 hingga 2013 menemukan banyak masjid yang arah kiblatnya melenceng.

“Selama penelitian, kami menemukan 61.25% tingkat penyimpangan arah kiblat di masjid-masjid yang ada di banjarmasin, oleh karena itu hal ini perlu kami sosialisasikan kepada masyarakat luas terutama para pengurus masjid termasuk di Tabalong yang belum memiliki ahli falak,” katanya.

Akhmad Syaikhu juga mengharapkan semoga kedepannya pihak Kemenag Kabupaten Tabalong serta MUI Tabalong mau saling bekerja sama untuk melakukan penelitian arah kiblat yang benar di masjid-masjid yang ada di kabupaten Tabalong.

“Saya bersedia untuk meluangkan waktu untuk melakukan penelitian bersama-sama apakah arah kiblat di masjid yang ada di Tabalong sudah benar atau belum” pungkasnya. (Metro7/MC Tabalong/Gilang)