56 Kapsek SMP Ikuti Bimtek Dapodik

0
46

METRO7.CO.ID, Tanjung – Sebanyak 56 peserta yang terdiri dari kepala sekolah dan Operator sekolah tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Kabupaten Tabalong mengikuti Bimbing an Teknis Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Tahun 2017.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong ini, dilaksanakam di Gedung Informasi, Tanjung, Kamis (2/11/2017).

Bimtek Dapodik ini sendiri, dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan terkait aplikasi Dapodik 2017 yang merupakan aplikasi teranyar yang dalam pengoperasiannya para operator sekolah masih meraskesulitan.

Kesulitan tersebut, terjadi khususnya dalam memperbaharui data sekolah dikarenakan adanya beberapa perbedaan dan pembaharuan pada aplikasi sebelumnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong, Tonie Marwan mengatakan, bimtek Dapodik yang dilaksanakan ini merupakan perubahan suatu aplikasi yang dirancang oleh Kementerian pusat Republik Indonesia yang diimplementasikan pada satuan pendidikan maupun satuan Satuan Kerja Perangkat Daerah.

“Lewat aplikasi Dapodik 2017 ini, sekolah bisa mendapatkan data yang lebih cepat, lengkap , falid, akurat dan update,”bebernya.

Sebelum adanya aplikasi teranyar ini, kata dia, dulunya Dapodik dilakukan secara manual yang mengakibatkan lambatnya gerakan dari sekolah dalam hal pelaporan dan penginputan data kepusat.

Dengan kehadiran program aplikasi Dapodik terbaru ini lanjut dia, memberi keuntungan karena memudahkan dalam penginputan Dapodik yang memuat seperti nomor pokok sekolah nasional, nomor induk siswa nasional dan nomor unik pendidik tenaga kependidikan.

Sementara itu, salah satu peserta Bimtek Imam Nashokha mengatakan, banyak manfaat yang didapatnya ikut bimtek ini. Terlebih baginya, yang menjadi seorang petugas operator sekolah.

“Kadang-kadang operator sekolah salah menafsirkan peraturan sehingga ketika menyampaikan ke guru dalam mengambil data seringkali salah pemahaman, lewat Bimtek ini kita bisa meminilisir permasalahan ini,”kata Guru SMPN 8 Tanjung ini.(Metro7/MC Tabalong/Sy).

BAGIKAN
Berita sebelumyaPanwaslu Harus Netral
Berita berikutnyaBarang Bukti Dirapikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here