BUMDes Harus Jadi Pilar Ekonomi Masyarakat

0
30

METRO7.CO.ID, Tanjung – Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang berfungsi sebagai lembaga sosial dan komersial diharapkan bisa menjadi pilar kegiatan ekonomi di Desa.

Dimana sebagai lembaga sosial BUMDes, harus berpihak kepada kepentingan masyarakat melalui kontribusinya dalam penyedian pelayanan sosial. Sedangkan sebagai lembaga komersial bertujuan untuk mencari keuntungan melalui penawaran sumberdaya lokal (barang dan jasa) ke pasar.

Itulah sebagian materi Bimbingan Teknis (Bimtek) Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se Kabupaten Tabalong di Aula Balai Latihan Kerja (BLK), Selasa (7/11/2017) yang dilaksanakan oleh Disnekar Kabupaten Tabalong.

Kepala Disnaker Tabalong, Syaiful Ikhwan mengungkapkan, keberadaan BUMDes harua mampu mendorong dinamisasi kehidupan ekonomi di pedesaan.

Disinilah, kata dia, peran pemerintah di desa ialah membangun relasi dengan masyarakat untuk mewujudkan pemenuhan standar pelayanan minimal (SPM), sebagai bagian dari upaya penge mbangan komunitas desa yang lebih berdaya melalui BUMDes.

“Tujuan BUMDes ialah memenuhi kebutuhan masyarakat melalui pelayanan barang dan jasa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintah desa. Lembaga ini juga dituntut mampu memberikan pelayanan kepada non anggota (pihak luar desa) dengan menempatkan harga dan pelayanan sesuai harga pasar,” pungkasnya. (Metro7/Mc Tabalong/Erwin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here