Warga Lapas Diberi Pelatihan Membuat Kain Sasirang

0
62

METRO7.CO.ID, TABALONG – Untuk meningkatkan kompetensi Warga Binaan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas III Tanjung melaksanakan Pelatihan Pengembangan Usaha “Sasirangan Khas Lapas” yang bekerja sama dengan PT. Adaro Indonesia.

Pembukaan kegiatan pelatihan dilaksanakan di Aula Lapas klas III Tanjung, Senin (13/11) yang dibuka langsung oleh Kalapas klas III Tanjung, Herliadi.

Menurut Herliadi, pelatihan ini akan berlangsung selama sepuluh hari dengan melibatkan 17 orang dari warga binaan lapas dan tiga orang dari pegawai lapas.

“Kami melibatkan pegawai lapas agar nantinya bisa memberikan pelajaran mengenai sasirangan ini kepada generasi warga lapas selanjutnya” katanya.

Pelatihan yang akan dipandu instruktur dari PT. Adaro Indonesia ini adalah lanjutan dari pelatihan mengenai perkayuan yang juga bermitra dengan PT. Adaro Indonesia.

Bupati Tabalong dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten I Marzuki Hakim mengapresiasi kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi warga binaan sehingga mampu berkarya mandiri di masyarakat nantinya.

“Semoga nanti setelah keluarnya dari lapas, bisa membuka usaha mandiri” ujarnya.

Dipilihnya pelatihan sasirangan ini dikarenakan meningkatnya penggunaan kain sasirangan di Tabalong dan menjadi identitas melalui motif-motif yang terpanting di kain tersebut.

Oleh karena itu, pelatihan ini bertujuan agar warga binaan lapas bisa menciptakan kain sasirangan dengan ciri khas tersediri dan mampu dipasarkan ke berbagi daerah di Tabalong.

Sedangkan, salah satu warga binaan Lapas klas III Tanjung, Wahyu mengaku pelatihan ini sangat bermanfaat bagi warga binaan.

“Patihan ini bermanfaat untuk kedepannya, dan mengisi hari-hari kami di lapas ini” katanya. (Metro7/MC Tabalong/Gilang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here