METRO7.CO.ID, PARINGIN – Pelaksanaan pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang digelar pada 2 Oktober 2017 lalu di 29 Desa berjalan lancar tanpa ada ada permasalahan .

Terakhir, ada 4 desa yang kembali mengelar Pilkadea secara bergantian bulan November ini, kesemuanya pun berjalan dengan baik.

Suksesnya Pilkades serentak tersebut, tidak terlepas dari peran serta Kepolisian dan TNI yang selalu siap mencipatakan lingkungan keamanan yang kondusif.

Terkait proses pengawalan Pilkades, Kapolres Balangan AKBP Moh Zamroni melalui Kasat Intelkam, AKP Sugeng Rianto menyampaikan bahwa dari awal proses pilkades sampai pemilihan pihaknya terus melakukan pemantau terutama terkait potensi gangguan kantibmas dilokasi pilkades

“Untuk antisipasi hal hal yang tak diinginkan intelkam melakuakn Pengalangan intelegen dengan melakukan pendekatan dan kordinasi dengan panitia pilkades, Calon dan tim pemenangannya,” bebernya.

Pengalangan intelegen ini, menurut Sugeng bertujuan untuk menciptakan situasi yang kondusif baik saat pelaksaanaan maupun pasca Pilkades

“Pilkades berjalan lancar, nihil konflik. Meski demikian, kita tetap terus melakukan pemantauan di sejumlah wilayah,” tegasnya.

Sedangkan, Kasi Bina Penataan Desa dan Kelurahan di DPMD Balangan Riny Rahayulita menyampaikan, awalnya direncanakan ada 33 desa yang menggelar Pilkades.

Namun lanjutnya, karena ada di PAW yaitu empat desa, sehingga ditetapkan hanya 29 desa yang akan menggelar pilkades.

“Pilkades 4 desa yang tersisa sudah berjalan, jadi kita proses pembuatan SK Bupati setelah itu, baru pelantikan serta peningkatan kapasitas kades,” pungkasnya. (Metro7)