METRO7.CO.ID, PARINGIN – Dalam rangka memperingati HUT Pramuka ke 56 Kwarcab Pramuka Balangan, mengelar kemah bhakti di Bumi Perkemahan SMAN 2 Paringin selama tiga hari dari Jumat sampai Minggu (24-26/11/2017) kemarin.

Kemah bhakti yang diikuti oleh ratusan anggota Pramuka tingkat Penggalang dan Penegak se Kabupaten Balangan ini, juga langsung dihadiri oleh Bupati Balangan H Ansharuddin saat penutupannya.

Ketua Kwarcab Pramuka Balangan, Burhan mengatakan, sejatinya HUT Pramuka jatuh setiap tanggal 14 Agustus, namun pihaknya baru saja bisa memeriahkannya sekarang lantaran ada beberapa kendala.

kegiatan kemah Galang Tegak tahun ini, menurut dia, diikuti oleh 155 regu dari semua Gudep yang ada di Balangan, dengan tajuk Perjusami (perkemahan jum’at sabtu minggu) serta menggelar beberapa lomba ketangkasan.

“Walaupun terlambat, kemah bhakti ini tetap berlangsung meriah dan diikuti oleh peserta dengan semangat,” ujarnya.

Diungkapkan Burhan, ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam kemah bhakti kali ini, yaitu di antaranya lomba pionering, semaphore, paduan suara lagu mars Pramuka, pentas seni, LKBB, hasta karya dan lainnya.

Sementara itu, Bupati Balangan Ansharuddin yang menutup secara resmi kemah bhakti ini Minggu (26/11) kemarin mengatakan, dengan ikut gerakan Pramuka banyak sekali nilai-nilai positif yang didapatkan, seperti kemandirian, kekompakan, kerja sama, dan kedisiplinan.

Seorang pandu, kata Ansharuddin, akan selalu bersikap disiplin dan mandiri, hal ini sangat berguna terlebih ditengah kehidupan di era global ini.

Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan sendiri, lanjut dia, menaruh perhatian kepada program kerja Kwartir Cabang Pramuka Balangan, karena kepanduan ini berperan aktif dalam pembentukan kepribadian dan karakter generasi muda. Krakter kepanduan ini sangat penting, sebab dengan Tri Satya dan Dasa Dharma yang mendarah daging pada diri seorang pandu pada gilirannya akan mampu menjadikannya seorang pemimpin yang handal.

“Lebih dari itu, kemah bhakti ini yang lebih utama yaitu sebagai ajang silaturahmi antar anggota Pramuka, Pembina gudep dan semua yang terlibat dengan kepramukaan di Kabupaten Balangan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Anshar berharap, Gerakkan Pramuka di Balangan bisa terus berkembang dan memberikan sumbangsih nyata untuk kemajuan banua.

“Selamat hari Pramuka ke 56. Pramuka berkualitas, menuju generasi emas tahun 2045,” pungkasnya. (Metro7)