METRO7.CO.ID, Tanjung – Melalui peringatan hari Jadi Kabupaten Tabalong yang ke-52, Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani mengajak para pegawai daerah Kabupaten Tabalong mengenang sejarah terbentuknya Kabupaten Tabalong.

“Peringatan hari jadi ini, menjadi penting sebagai wahana untuk kita mengingat sejarah dan tokoh-tokoh yang telah berjasa untuk melahirkan Kabupaten Tabalong sebagai daerah otonom,” ujar Bupati Tabalong saat upacara peringatan hari jadi Kabupaten Tabalong yang ke-52 di Taman Giat Kota Tanjung, Jumat (1/12/2017).

Seperti yang diketahui, Kabupaten Tabalong terlahir di tahun 1965. Kabupaten yang semula tergabung dengan Hulu Sungai Utara ini terbentuk berkat permufakatan orang-orang terkemuka di tanjung yang diprakarsai oleh Baharuddin Akhmid yang membentuk Panitia Sementara Penuntutan Daerah Swatantra Tingkat II Tabalong.

“Mrilah kita memanjatkan doa, kepada beliau-beliau yang telah berjasa memperjuangkan atas terbentuknya Kabupaten Tabalong” ujar H. Anang Syakhfiani.

Disamping itu, ia juga menyampaiakan bahwa peringatan hari jadi adalah momentum bagi pemkab Tabalong dalam mengevaluasi pembangunan yang telah dilaksanakan “kalau kita mau jujur kita harus akui, bahwa banyak kemajuan yang telah kita capai” sampainya.

Hal ini terbukti, dalam tiga tahun terakhir Kabupaten Tabalong telah meraih banyak penghargaan.

“Setelah 21 tahun, akhirnya di tahun 2016, dan 2017 kita berhasil mempertahankan piala adipura,” ujar bupati.

Selain Adipura, lanjut dia, Tabalong yang telah dianugerahi piala wahana tata nugraha di tahun 2017 ini juga dianugerahi menjadi Kabupaten Ramah dengan anak.

“Semua prestasi ini, tidak luput dari bantuan dan partisipasi para pegawai dan masyarakat luas Tabalong, mari kita bersama-sama terus membangun Tabalong,” ajaknya.

Seusai melaksanakan upacara peringatan Hari jadi, buapti Tabalong beserta jajaran pemkab Tabalong menemui keluarga pejabat yang telah memperjuangkan terbentuknya Kabupaten Tabalong. Sekaligus berziarah ke makam panitia penuntut daerah swantara tingkat II Tabalong. (Metro7/MC Tabalong/Gilang)